Perlukah Mencuci Buah dan Sayuran? Ini Penjelasannya

Ilustrasi - Sayuran organik.(Pixabay)

Editor: M Kautsar - Minggu, 28 November 2021 | 12:00 WIB

Sariagri - Biasanya membutuhkan proses yang lama sebelum buah dan sayuran mencapai rak toko. Tanaman berisiko tinggi terkena kotoran dan bakteri saat dipindahkan dari peternakan ke pasar dan dipajang di depan umum untuk dijual. Akibatnya, konsumen telah membiasakan diri untuk mencuci buah dan sayuran sebelum makan atau menyiapkannya untuk menghindari mengkonsumsi barang yang terkontaminasi.

Kotoran dan kuman, bagaimanapun, bukan satu-satunya penyebab. Buah-buahan dan sayuran mungkin juga mengandung serangga kecil yang biasanya tidak diperhatikan oleh pembeli. Beberapa video di internet menunjukkan stroberi membawa lalat buah kecil (dikenal sebagai drosophila sayap tutul) yang muncul setelah buah direndam dalam air asin.

Meskipun serangga ini mungkin menjijikkan untuk dilihat atau bahkan dipikirkan, para ahli percaya bahwa mereka tidak perlu khawatir. Belum ada bukti bahwa serangga berbahaya bagi manusia. Mengutip Manila Bulletin, para ilmuwan mengatakan bahwa akan selalu ada sejumlah mikroorganisme yang berhasil melewati proses pembilasan, dan tidak ada jumlah pencucian yang dapat menghilangkan semuanya.

Baca Juga: Perlukah Mencuci Buah dan Sayuran? Ini Penjelasannya
Catat! Ini 12 Makanan yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah



Meskipun mencuci buah dan sayuran di bawah air mengalir sangat mengurangi tingkat bakteri berbahaya di permukaannya, tindakan pencegahan lebih lanjut dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko kontaminasi bakteri. Tidak perlu menggunakan apa pun selain air saat membersihkan buah dan sayuran. Otoritas kesehatan juga tidak merekomendasikan penggunaan produk pembersih apa pun.

Memasak adalah metode lain untuk membunuh patogen yang ditemukan dalam sayuran mentah atau buah-buahan. Francisco Diez, direktur Pusat Keamanan Pangan dan profesor di Universitas Georgia, mengatakan bahwa sebagian besar buah dan sayuran aman untuk dikonsumsi.

Masalah keamanan pangan ini penting, tetapi selain memastikan bahwa kita mencuci produk kita, kita tidak boleh lupa untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup juga untuk memanfaatkan sepenuhnya manfaat kesehatannya.

Video Terkait