Ini Cerita di Balik Foto Ungku Saliah yang Banyak Dipajang di Rumah Makan Padang

Cerita dibalik foto Ungku Saliah yang banyak dipajang di rumah makan padang (Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Kamis, 25 November 2021 | 14:30 WIB

Sariagri - Ketika Sobat Agri mengunjungi rumah makan padang, mungkin sering melihat seorang kakek tua berkalung kain sarung sambil mengenakan peci. Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa foto tersebut merupakan foto sang pemilik rumah makan. Namun, faktanya foto tersebut adalah Ungku Saliah, yakni seorang ulama yang dikeramatkan oleh masyarakat Minang Pariaman.

Mengutip dari skripsi Apriando Saputra berjudul Makna Simbol Ungku Saliah pada Kedai-Kedai Etnis Minang Pariaman di Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai, dijelaskan bahwa Ungku Saliah adalah seorang ulama besar yang berasal dari Pariaman, Sumatera Barat.

Ungku Saliah memiliki nama asli yakni Dawat. Pada masa beliau masih hidup, Dawat sangat saleh dan taat beribadah. Oleh karena itu Dawat diberi gelar Saliah oleh teman-temannya. Sejak saat itu Dawat dipanggil Ungku Saliah.

Cerita-cerita mengenai Ungku Saliah terutama menyangkut kelebihan atau keistimewaan yang dimilikinya telah banyak beredar pada masyarakat Minang Pariaman. Cerita tersebut beredar dan berkembang secara lisan dari mulut ke mulut.

Baca Juga: Ini Cerita di Balik Foto Ungku Saliah yang Banyak Dipajang di Rumah Makan Padang
Biasanya Langsung Dibuang, Ternyata Kepala Udang Punya Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Fotonya Banyak Dipajang di Rumah Makan Padang

Ungku Sailah banyak dianggap oleh masyarakat Minang sebagai tokoh yang sakti, keramat, orang besar dan doanya manjur. Sehingga masyarakat Minang Pariaman menjadikan foto Ungku Saliah sebagai foto yang dapat membawa keberuntungan, pelaris dagangan, dan penolak bala.

Hal ini lah yang menjadikan masyarakat Minang Pariaman menafsirkan bahwa dengan memajang foto Ungku Saliah maka dagangan mereka akan laris terjual, berharap rezeki akan selalu datang, usaha mereka selalu diberikan kemudahan dan lancar.