Catat! Ini Sederet Daftar Makanan yang Mengandung Sumber Asam Amino Esensial

Ilustrasi telur (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 24 November 2021 | 21:30 WIB

Sariagri - Asam amino merupakan komponen penting yang membentuk protein dalam tubuh manusia. Umumnya ada dua kategori dari asam amino, yakni esensial dan nonesensial. Untuk yang esensial kamu bisa mendapatkannya dari berbagai makanan yang mengandung asam amino.

Ada sembilan jenis asam amino esensial yang bisa kamu temukan dalam makanan, seperti histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin. Sebagian besar makanan yang mengandung asam amino adalah produk hewani.

Ini sederet makanan yang mengandung asam amino esensial, dikutip dari berbagai sumber:

1. Daging Unggas

Daging unggas, seperti ayam dan kalkun adalah makanan sumber asam amino esensial yang memiliki manfaat untuk tubuh. Pasalnya, dalam kalkun mengandung triptofan yang tinggi. Triptofan itu sendiri merupakan komponen penting untuk menghasilkan vitamin B3 (niasin) yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi pencernaan, kesehatan kulit, dan saraf.

2. Ikan

Sejumlah ikan termasuk makanan yang mengandung asam amino esensial dan nutrisi mikro penting lainnya. Salah satu jenis ikan yang disarankan adalah salmon. Tak hanya sebagai sumber asam amino, ikan juga punya kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Jamur

Selain ikan, jamur juga termasuk salah satu makanan yang mengandung asam amino. Bahkan makanan satu ini disebut mengandung 17 asam amino, termasuk sembilan asam amino esensial yang tidak dihasilkan tubuh. Salah satu jenis jamur tersebut adalah jamur tiram.

Baca Juga: Catat! Ini Sederet Daftar Makanan yang Mengandung Sumber Asam Amino Esensial
Banyak Diburu hingga Langka, 5 Makanan Ini Mengandung Vitamin D Tinggi

4. Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan asam esensial. Bahkan makanan ini juga termasuk sebagai protein komplit karena mengandung semua jenis asam amino esensial. Salah satu asam amino esensial yang banyak dikandung telur adalah isoleusin yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Susu

Makanan nabati lainnya yang mencukupi asupan protein dalam tubuh kamu adalah biji-bijian. Makanan tersebut kaya kandungan protein dan mengandung seluruh asam amino esensial.

Video Terkait