Amerika Serikat Serukan Penelitian Tentang Produksi Serangga Global

Makanan berbasis serangga yang kaya protein. (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Jumat, 19 November 2021 | 20:50 WIB

Sariagri - Pemanfaat serangga sebagai sumber protein baru telah menarik perhatian dunia internasional untuk mengembangkannya. Bahkan, Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Departemen Pertanian AS (USDA) telah merilis Permintaan Informasi (RFI) bersama untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri produksi serangga global yang sedang berkembang.

Permintaan tersebut dimaksudkan untuk memahami peran produksi serangga dan pertanian dalam ketahanan pangan global, respons iklim, pengelolaan lingkungan, dan mata pencaharian. Permintaan ini juga berfokus pada produksi serangga untuk pakan ternak.

Tujuan utamanya adalah USAID dan USDA dapat memimpin atau mendukung kegiatan produksi serangga dengan baik di masa depan. USAID dan USDA akan membantu pemerintah AS memahami potensi tantangan, manfaat, dampak lingkungan, dan pertimbangan pembangunan yang inklusif dari produksi serangga.

Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) tahun 2021 mendorong diskusi tentang pengurangan emisi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Dalam konteks ini, USAID dan USDA berharap untuk memanfaatkan tren pasar yang menunjukkan bahwa produksi serangga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) dari limbah.



Menurut USAID dan USDA, produksi serangga memiliki potensi untuk memberikan solusi berkelanjutan terhadap masalah pembangunan yang menantang seperti kerawanan pangan, panen berlebihan ikan laut dan hewan liar untuk konsumsi, pembuangan limbah, mitigasi emisi gas rumah kaca, dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

USAID dan USDA mengundang sektor swasta dan mitra USAID non-tradisional lainnya untuk menanggapi permintaan tersebut—termasuk bisnis serangga, bisnis pakan ternak, akademisi, dan entitas sektor publik dan swasta yang bekerja di bidang iklim dan terkait bidang makanan. 

Baca Juga: Amerika Serikat Serukan Penelitian Tentang Produksi Serangga Global
Industri Makanan Berbasis Serangga di Negara Ini Terus Berkembang



Mereka juga mencari umpan balik dari organisasi dan bisnis lokal yang ikut dalam program inisiatif kelaparan dan ketahanan pangan global pemerintah AS.

Mengutip FoodTank, USAID dan USDA berharap mendapatkan Seluruh masukan itu pada 22 Desember 2021.

Video Terkait