Pameran Pangan Lokal 2021, BKP: Ciptakan UMKM Berdaya Saing dan Go Modern

Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan, Sarwo Edhy. (Dok. Kementan)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 19 November 2021 | 17:50 WIB

Sariagri - Kementerian Pertanian terus bergerak melakukan berbagai upaya guna mendorong ketahanan pangan lewat produk UMKM. Salah satunya yaitu diselenggarakannya Pameran Pangan Lokal 2021 di Trans Studio Mall Cibubur, dari 18-21 November 2021.

Kegiatan Pameran Pangan Lokal merupakan bagian dari implementasi program Kementerian Pertanian yaitu diversifikasi pangan lokal yang merupakan bagian dari Cara Bertindak Kedua (CB 2).

Menurut Pelaksana tugas Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, tujuan Pameran Pangan Lokal mendorong UMKM untuk memperluas jaringan pemasaran. Selain itu juga menumbuhkan produk pangan lokal yang berdaya saing.

Plt Kepala BKP Sawro Edhy menjajal produk UMKM di Pameran Pangan Lokal. (Dok. Kementan)
Plt Kepala BKP Sawro Edhy menjajal produk UMKM di Pameran Pangan Lokal. (Dok. Kementan)

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pelaku usaha/UMKM pangan lokal dalam memperluas jaringan pemasaran yang pada akhirnya akan memperluas bisnis UMKM pangan lokal, sehingga daya ungkit produk pangan lokal berdaya saing dan go modern," ujar Sarwo Edhy kepada Sariagri, Jumat (19/11/2021).

Selama pandemi COVID-19 sektor pertanian Indonesia terus tumbuh, hal ini mampu menopang ekonomi. Kementan bergerak cepat dengan membuat kegiatan pameran pangan lokal yang sudah dua kali dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian pada tahun 2021, dengan tema “Pangan Lokal Goes to Mall”.

Sebelumnya pameran pangan lokal telah dilaksanakan di Kuningan City Mall Jakarta pada Bulan September 2021 lalu. Bahkan, di akhir tahun 2020 juga telah dilaksanakan ekspose umkm pangan lokal di Summarecon Mall Bekasi.

Karena itu, pihak Badan Ketahanan Pangan terus berupaya meningkatkan produk pangan, apalagi di masa pandemi COVID-19 yang banyak terdampak kepada pelaku UMKM.

"Upaya-upaya ini terus dilakukan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian untuk memperkuat UMKM di bidang pangan dalam peningkatan aspek pemasaran di masa pandemi. Sebagaimana kita mengetahui bersama, bahwa situasi pandemi sejak tahun 2020 berdampak besar bagi semua sektor, termasuk bagi para pelaku UMKM (data Bank Indonesia: 87,5 persen UMKM terdampak pandemi Covid-19)," tambah Sarwo Edhy.

Dalam kegiatan Pameran Pangan Lokal, Sarwo Edhy juga mengapresiasi kepada UMKM pangan lokal yang turut berpartisipasi. Harapannya, pangan lokal tak hanya berhenti di sebuah pameran saja tapi bisa berinovasi agar produknya bisa berkembang luas.

"Apresiasi dan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh UMKM pangan lokal atas kerjasama dan partisipasinya dalam kegiatan pameran pangan lokal ini, serta kepada seluruh pihak yang telah mendukung dengan baik sehingga penyelenggaraan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," paparnya.

Baca Juga: Pameran Pangan Lokal 2021, BKP: Ciptakan UMKM Berdaya Saing dan Go Modern
Mentan Syahrul Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

"Kami berharap, UMKM pangan lokal tidak berhenti pada kegiatan pameran/ekspose ini, namun selalu berinovasi dan meningkatkan kreativitas untuk terus mendorong pengembangan produk pangan lokal yang berdaya saing, sebagai upaya mendukung gerakan diversifikasi pangan dan mewujudkan pemantapan ketahanan pangan berkelanjutan," harapnya.

Sekadar informasi, kegiatan pameran pangan lokal ini akan berjalan selama empat hari kedepan dari tanggal 18- 21 November 2021, dan diikuti oleh delapan belas (18) UMKM pangan lokal dari wilayah Jabodetabek, Lampung, Jawa Barat, Banten, DIY dan Jawa Tengah. Sehingga total UMKM pangan lokal yang mengikuti Ekspose/Pameran Pangan Lokal pada tahun 2021 (di Kuningan City Mall dan Trans Studio Mall Cibubur) sebanyak 50 UMKM.

Video Terkait