Kisah WNI Jual Makanan Khas Indonesia di AS, Keuntungan Diberikan ke Yayasan Pendidikan

Nuri Auger, diaspora Indonesia jual makanan khas di AS (Youtube/VOA Indonesia)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 12 November 2021 | 12:30 WIB

Sariagri - Seorang diaspora Indonesia di Baltimore, Maryland bernama Nuri Auger memang patut diapresiasi. Pasalnya, ia aktif untuk memperkenalkan budaya Indonesia melalui makanan khas Tanah Air untuk warga di sana.

Mengutip dari kanal Youtube VOA Indonesia, Nuri Auger menceritakan awal mula dirinya menjual bumbu masakan khas Indonesia di AS. Berawal dari kerinduannya akan masakan Tanah Air sejak pindah ke Amerika 16 tahun lalu, dari situ ia mulai memasak dan memperkenalkan makanan khas Indonesia ke warga Amerika.

"kalau saya memasak itu untuk suatu kegiatan sosial, jadi saya memperkenalkan makanan Indonesia di Massachusetts dan sekitarnya. Saya join farmers market saya join event-event besar juga," kata Nuri

Nuri memilih berjualan bumbu makanan Indonesia yang otentik dengan nama O'ne Nuri atau dalam bahasa Padang berarti Ibu Nuri. "Saya senang memperkenalkan makanan kita dengan se-autentik mungkin. Kalau saya memperkenalkan itu (makanan) berarti memperkenalkan nama saya, memperkenalkan diri saya," ujarnya.

Baca Juga: Kisah WNI Jual Makanan Khas Indonesia di AS, Keuntungan Diberikan ke Yayasan Pendidikan
Inspirasi di Balik Kue Lapis Daun Kelor

Ternyata, dari keuntungan penjualan tersebut ia salurkan ke Yayasan Cempaka untuk membantu meningkatkan pendidikan bagi anak dan perempuan di Labuan, Jawa barat.

Sejak pandemi, Nuri memfokuskan upaya pencarian dananya dengan bumbu siap pakai O'ne Nuri yang dijual online ke seluruh Amerika Serikat. Uniknya, bumbu-bumbu makana khas Indonesia yang dijual oleh Nuri ternyata banyak digemari oleh warga Amerika.

Video Terkait