Mengenal Tepung Talbinah yang Dipakai Nabi Muhammad SAW Hilangkan Asam Lambung

Ilustrasi tepung gandum. (Pixabay)

Editor: Reza P - Kamis, 11 November 2021 | 14:45 WIB

Sariagri - Asam lambung naik menjadi masalah umum yang dikeluhkan usai mengonsumsi makanan asam serta pedas. Banyak yang tidak sadar, makan sembarang dapat memicu kelebihan asam lambung.

Penyakit asam lambung ini tidak hanya diderita orang dewasa saja namun anak-anak juga dapat menderita asam lambung.

Padahal asam lambung naik juga beresiko meningkatkan penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease), yakni kondisi melemahnya katup penutup asam lambung, sehingga mudah naik ke tenggorokan.

Dalam kanal Youtube dr Zaidul Akbar Official, memberikan beberapa kiat bagi orang-orang yang mengalami asam lambung naik. 

"Disarankan kepada orang yang derita asam lambung untuk mengonsumsi talbinah, tepung gandum yang sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW," ucap dr. Zaidul Akbar.

Imam Al-Bukhari membuat bab dalam shahihnya dengan nama bab talbinah, kemudian beliau meriwayatkan hadis Aisyah radhiyallahu‘anha:

Dari Aisyah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya: Bila salah seorang dari keluarganya meninggal, dan kaum wanita pun berkumpul lalu bubar kecuali pihak keluarganya, beliau menyuruh untuk menyediakan periuk berisikan bubur yang dimasak dari gandum lembut. Kemudian ia membuat campuran daging dan roti dan menuangkan gandum lembut (yang direbus tadi). Setelah itu, Aisyah berkata: Makanlah darinya, karena aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Talbinah (bubur gandum lembut) bisa menghimpun hati (menenangkan hati) yang sakit, menghilangkan kesedihan.” (HR. Al-Bukhari no. 5417).

Apa itu talbinah? Talbinah adalah sejenis tepung yang terbuat dari gandum kategori biji barley. Biji barley sendiri kerap dijadikan bahan baku untuk membuat roti, minuman dan aneka masakan lainnya, karena terbuat dari biji-bijian maka tepung ini tinggi serat.

Dokter Zaidul menambahkan, orang dengan masalah asam lambung disarankan rutin mengonsumsi probiotik atau makanan dengan kandungan bakteri baik seperti tempe, yogurt, kedelai, kimchi, asinan dan sebagainya.

Namun ia juga mengingatkan untuk menghindari lebih dulu aneka makanan dengan tepung, seperti gorengan, ayam tepung, mie instan, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Tepung Talbinah yang Dipakai Nabi Muhammad SAW Hilangkan Asam Lambung
Awas! Ini Bahaya Kandungan Timbal Piring Keramik Ketika Dipakai Sajikan Makanan

Ia khawatir jika dilanjutkan bukan hanya asam lambung mudah naik, tapi juga bisa merusak dinding lambung, yang mengarah pada kanker usus dan masalah pencernaan lainnya.

"Karena biasanya tepung bikin bloating (perut kembung), karena ke dinding usus terbuka. Gula pasir, minyak-minyakan gula pasir itu dikurangi," jelasnya.

Video Terkait