Lagi Naik Daun, 5 Ton Tepung Singkong Asal Semarang Diekspor ke Oman

Tepung singkong siap diekspor.(Barantan)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 10 November 2021 | 16:20 WIB

Sariagri - Singkong merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak ditemukan di Indonesia dan berpotensi mendukung ketahanan pangan. Sejak dahulu ubi kayu sudah menjadi tanaman pangan yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Salah satu daerah penghasil singkong adalah Jawa Tengah (Jateng), di mana lahan pertanaman tanaman pangan ini cukup luas dengan produksi berlimpah. Masyarakat di Jateng banyak yang memanfaatkan lahan sempit hingga hamparan luas untuk menanam singkong.]

Saat ini singkong tengah naik daun. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan, olahan singkong menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan.

“Karantina Pertanian Semarang selalu mendorong dan mendampingi petani milenial untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan sehingga menghasilkan singkong bermutu tinggi dan dapat bersaing di pasar internasional,” ujar Kepala Karantina Pertanian Semarang, Parlin Robert Sitanggang dikutip dari Badan Karantina Pertanian (Barantan), Rabu (10/11/2021).

Parlin menjelaskan pendampingan kepada petani secara intensif dilakukan guna memastikan komoditas pertanian yang akan diekspor sesuai dengan persyaratan negara tujuan.

Baru-baru ini pejabat karantina pertanian Semarang melakukan serangkaian tindak karantina terhadap produk turunan berupa 5 ton tepung singkong senilai Rp55 juta yang akan diberangkatkan menuju Oman.

Baca Juga: Lagi Naik Daun, 5 Ton Tepung Singkong Asal Semarang Diekspor ke Oman
Tahun Baru? Cicipi Menu Masakan Khas Kalimantan Ini

"Kali ini Tri Widiyantanto selaku Pejabat Karantina melakukan tindakan pemeriksaan fisik dan kesehatan terhadap 5 ton tepung singkong senilai 55 juta rupiah sebelum dikirim ke Oman. Setelah dinyatakan sehat, aman dikonsumsi dan bebas dari target Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) maka terbitlah Phytosanitary Certificate," jelas Subkoordinator Substansi Karantina Tumbuhan, Cisilia Triwidiyanti.

Cisilia mengatakan singkong secara alami tidak mengandung gluten yang biasa ditemukan pada gandum. Singkong dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan bagi penderita intoleransi gluten. Selain itu singkong juga diolah menjadi beragam produk makanan yang memiliki nilai jual tinggi.

Video terkait:

 

Video Terkait