Sumber Pangan Alternatif, Sorgum Bisa Diolah Menjadi Mie Sehat

Ilustrasi - Tanaman sogum.(Antara)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 8 November 2021 | 12:30 WIB

Sariagri - Dibandingkan sumber pangan lainnya seperti padi atau jagung, sorgum memang masih kalah pamor. Namun sorgum bisa menjadi komoditas potensial yang dapat dikembangkan untuk mendukung program diversifikasi pangan dan energi di Indonesia.

Sorgum merupakan biji-bijian sereal dengan bentuk tanaman yang mirip jagung. Sebagai sumber pangan, sorgum mengandung zat antioksidan, mineral, protein dan serat penting.

Saat ini pemerintah dan petani telah berupaya melakukan inovasi olahan pangan dari sorgum. Salah satunya olahan pangan dalam bentuk mie, makanan yang disukai semua lapisan masyarakat Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menghasilkan teknologi inovasi olahan pangan sorgum dalam bentuk mie yaitu proses pembuatan mie sorgum. Teknologi ini sudah dipatenkan dengan nomor paten IDS000002910 B.

Dilansir laman Balitbangtan, mie sorgum merupakan mie berbahan baku sorgum yang diformulasikan dengan pati kasava, air dan garam, tanpa penambahan tepung terigu sehingga bebas gluten. Tepung sorgum masih bersifat alami atau belum dimodifikasi sehingga lebih mudah dalam penyediaan bahan bakunya, begitu pula pati kasava mudah ditemui di masyarakat.

Baca Juga: Sumber Pangan Alternatif, Sorgum Bisa Diolah Menjadi Mie Sehat
Kabar Gembira, Ilmuwan Identifikasi Gen yang Bisa Pembesar Ukuran Biji Sorgum

Pati kasava berperan sebagai komponen pengikat yang menyebabkan mie sorgum tidak patah ataupun hancur saat mengalami proses pemasakan.

Mie sorgum bersifat tahan lama karena dibuat dalam bentuk kering dan dapat dimasak menjadi mi ayam maupun mie goreng seperti layaknya mie berbahan dasar tepung terigu. Dari segi fungsional, mie sorgum mengandung antioksianin yang berperan sebagai antioksidan dan juga kaya akan serat pangan.

Teknologi ini siap untuk dikerjasamakan apabila ada mitra swasta yang berminat mengembangkannya dalam skala industri.

Video terkait:

Video Terkait