Musim Hujan Tiba, Ini 5 Jenis Teh yang Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi Teh. (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 4 November 2021 | 19:50 WIB

Sariagri - Musim hujan sudah mulai melanda di sejumlah daerah di Indonesia. Oleh karenanya, penting untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tetap fit selama perubahan musim berlangsung.

Perubahan cuaca dari panas menjadi hujan yang terbilang cepat kerap kali menyerang imunitas tubuh seseorang dan membuat orang lebih cepat sakit.

Salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh saat suhu mendadak dingin adalah hidung tersumbat dan pilek. Maka dari itu, ada beberapa jenis teh yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut 5 Jenis teh yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, dikutip dari Boldsky.

1. Teh Jahe

Jahe memang sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh. Pasalnya, rasa hangat dari jahe ternyata bisa memberikan manfaat yang baik pada tubuh.

Sedangkan teh yang terbuat dari parutan jahe segar maupun bubuk memiliki kadar vitamin c, asam amino, kalsium, zinc dan fosfor serta nutrisi lainnya. Tak hanya meningkatkan imunitas tubuh ketika musim hujan, teh jahe juga dipercaya mampu memperbaiki sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

2. Teh kunyit

Kamu bisa membuat teh kunyit dengan meracik parutan kunyit segar dengan air hangat. Apabila tidak memiliki kunyit segar, teh kunyit juga bisa dibuat dengan bubuk kunyit.

Para ahli berpendapat segelas teh kunyit dipercaya dapat meningkatkan imunitas, mengatasi gejala rematik hingga mengendalikan tekanan darah.

3. Teh Sereh

Sereh merupakan salah satu bumbu dapur yang diakui oleh ahli mengandung antioksidan, antimikroba hingga antiinflamasi secara alami dalam kadar yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dikatakan sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Apabila minum secangkir teh sereh secara rutin, maka dapat mengatasi kecemasan yang dialami sebagian orang. Komponen yang lengkap saat diseduh dengan air hangat menjadi kombinasi yang sempurna untuk menjaga kekuatan imunitas tubuh selama musim hujan.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Ini 5 Jenis Teh yang Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh
Selain Kopi, Ini 5 Minuman yang Wajib Dihindari Setelah Makan

4. Teh Hijau

teh hijau telah lama dikenal manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang paling terkenal adalah dapat menurunkan berat badan hingga mengatasi inflamasi atau peradangan. Selain itu, adanya kandungan flavnol dan flavanoid dalam teh hijau juga memiliki khasiat luar bisa untuk menjaga imunitas tubuh.

5. Teh Hitam

Black tea atau hitam merupakan salah satu teh yang paling mudah ditemui serta memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Teh jeni ini diperkaya akan antioksidan berjenis polifenol, yang minimal mengandung sodium, protein serta karbohidrat secara bersamaan. Sedangkan manfaat antioksidan dalam teh hitam dipercaya efektif menguatkan imunitas tubuh selama memasuki musim hujan.

Video Terkait