Intip 6 Manfaat Luar Biasa dari Telur Ayam Kampung

Ilustrasi - Manfaat telur ayam kampung.(Freepik)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 2 November 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Di Indonesia dikenal dua jenis telur ayam yang sering dikonsumsi, yaitu telur ayam ras atau ayam negeri dan telur ayam kampung. Meski ukurannya lebih kecil, telur ayam kampung mengandung omega 3 lebih banyak dibanding telur ayam ras.

Selain itu, telur ayam kampung mengandung nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan seperti protein, vitamin dan mineral. Berikut khasiat yang didapatkan jika rutin mengkonsumsi telor ayam kampung dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Telur ayam kampung mengandung kadar kolesterol cukup tinggi, namun kadar HDL (high density lipoprotein) yang dikandungnya bisa mencapai 10 persen. Zat HDL merupakan jenis kolesterol baik bagi tubuh manusia.

Selain itu, telur ayam kampung mengandung asam omega 3, yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tingginya kadar kolesterol jahat ini yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A bisa didapatkan dari telur ayam kampung. Selain itu, telur ayam kampung mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa itu sangat bermanfaat karena menjadi antioksidan yang aktif bekerja pada retina mata, sehingga bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi mokula.

3. Meningkatkan fungsi otak

Otak adalah organ penting di dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi telor ayam kampung, fungsi otak manusia dapat meningkat. Penyebabnya kandungan kolin pada telur ayam kampung, mampi meningkatkan kinerja sel pada otak dan membangun membran sel yang berfungsi mengantarkan sinyal pada otak.

4. Membantu perkembangan sel

Salah satu sumber protein baik yang bisa dengan mudah dijumpai adalah telur ayam kampung. Kandungan protein dan asam amino di dalamnya mampu mencukupi protein yang dibutuhkan tubuh. Protein berperan dalam perkembangan dan menjalankan fungsi sel.

Baca Juga: Intip 6 Manfaat Luar Biasa dari Telur Ayam Kampung
Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Mencegah Rambut dari Kerontokan, Coba Yuk

5. Menguatkan otot

Protein dan asam amino yang terkandung dalam telur ayam kampung berfungsi menguatkan otot tubuh. Kedua kandungan itu akan diserap guna memperbaiki dan menguatkan otot.

6. Membantu program diet

Salad sayur dengan tambahan telur rebus, kerap dijadikan menu hidangan bagi yang sedang menjalankan program diet. Hal ini dikarenakan, kandungan makronutrien pada protein telur ayam kampung memberi efek mengenyangkan perut. Dengan cara ini akan menekan rasa lapar, sehingga tidak ingin makan lagi.

Video terkait:

 

Video Terkait