Seperti Popcorn, Varietas Sorgum Terbaru di AS Cocok Dijadikan Makanan Ringan

Ilustrasi - Tanaman sorgum.(Antara)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:10 WIB

Sariagri - Popcorn merupakan makanan ringan berbahan biji jagung yang banyak digemari masyarakat. Adakah biji-bijian lain yang bisa dijadikan makanan ringan seperti popcorn?

Peneliti di Texas A&M University baru-baru ini merilis varietas sorgum baru dengan hasil biji yang sangat baik dan berkualitas untuk dijadikan pop shorgum atau sorgum pop.

Seperti popcorn, genotipe sorgum tertentu menghasilkan endosperm berwarna putih dan berbentuk bulat pada suhu tinggi. Genotipe sorgum pop bukan konsep baru karena sebelumnya telah digunakan di India dan Afrika sebagai makanan manusia dan hewan.

Namun, hingga saat ini belum ada hibrida sorgum yang dikembangkan secara khusus dengan karakteristik popping sebagai sifat seleksi utama. Mitchell Kent telah menjadi bagian dari tim di Texas A&M yang bekerja untuk membiakkan varietas sorgum yang lebih baik.

“Dibandingkan popcorn, sorgum pop memiliki ukuran kernel pop yang lebih kecil. Kualitas ini membuatnya ideal dalam produk di mana popcorn terlalu besar untuk digunakan, seperti granola batangan atau permen. Selain itu, sorgum yang ditusuk tidak memiliki rasa yang kuat, yang membuatnya diinginkan untuk tambahan penyedap. Butir sorgum yang pecah adalah juga lebih empuk daripada popcorn dan tidak mengandung kulit,” jelas Kent dikutip phys.org.

Selama beberapa tahun terakhir, tim peneliti di Texas A&M telah mengevaluasi dan menguji galur penyerbuk sorgum dalam kombinasi hibrida. Mereka ingin mengidentifikasi hibrida dengan karakter tinggi, khususnya efisiensi popping yang mencakup persentase kernel yang muncul; rasio ekspansi dengan berapa banyak volume yang diperoleh butiran saat muncul; ukuran serpihan yang melihat ukuran potongan biji sorgum, ukuran serpihan yang lebih besar dan tekstur empuk. 

Baca Juga: Seperti Popcorn, Varietas Sorgum Terbaru di AS Cocok Dijadikan Makanan Ringan
Kabar Gembira, Ilmuwan Identifikasi Gen yang Bisa Pembesar Ukuran Biji Sorgum

“Hibrida yang kami rilis adalah sorgum biji-bijian berproduksi tinggi yang diadaptasi secara agronomis yang dapat digunakan dalam industri biji-bijian," kata Kent.

Tim peneliti memberi nama sorgum hibrida itu Tx3489 dan Tx3490. Mereka mulai membiakkan sorgum baru itu dengan fokus pada kualitas agronominya. Kualitas itu termasuk hasil dan kinerja dalam cuaca variabel dan kondisi penyiraman. 

Video terkait:

 

Video Terkait