Ini 3 Kunci Turunkan Berat Badan dengan Menyeruput Kopi

Ilustrasi - Kopi produksi dalam negeri.(Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 25 Oktober 2021 | 22:30 WIB

Sariagri -  Menyeruput secangkir kopi hangat bisa menjadi mood booster yang ampuh bagi banyak orang. Beberapa dari kita membutuhkan lebih dari satu cangkir guna 'memaksa' otak berpikir lalu menghasilkan suatu karya atau menyelesaikan tugas yang diburu deadline.

Dua ahli diet, Laura Burak, MS, RD (founder Laura Burak Nutrition) dan Lauren Manaker, MS, RDN menjelaskan bagaimana kebiasaan menyeruput kopi bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan, dikutip dari Eat This.

Berikut Ini 3 Kunci Menurunkan Berat Badan dengan Menyeruput Kopi:

1. Cukup satu sendok teh gula

Tidak memasukkan gula ke dalam kopi adalah satu cara termudah untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Jika ditanya berapa banyak gula yang harus dikonsumsi dalam satu hari, hal itu bervariasi tergantung pada asupan kalori. Namun ahli kesehatan menyarankan tidak lebih dari 50 gram gula per hari untuk diet 2.000 kalori. Satu sendok makan gula memberi kita 12,5 gram gula. Terlalu tinggi untuk batasan gula per hari, bukan?

Berpatokan pada itu, artinya cukup menambahkan satu sendok teh gula dalam satu cangkir kopi. Jika ingin menjauhi gula tapi tetap menginginkan sesuatu yang sedikit manis, cobalah allulose (pemanis dengan lebih rendah kalori) atau lo han kuo (buah biksu).

2. Pilih kopi hitam

Menambahkan banyak gula ke kopi sudah pasti berdampak negatif terhadap berat badan, begitu pula dengan menambahkan terlalu banyak krimer kopi. Untuk menjaga berat badan ideal, ahli diet menganjurkan minum kopi hitam. Kopi hitam mengandung kurang dari 5 kalori per cangkir. Yang perlu diwaspadai adalah berbagai tambahan yang kita taruh ke dalam cangkir, bisa menyumbang lebih banyak kalori dan lemak jenuh yang tidak dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Ini 3 Kunci Turunkan Berat Badan dengan Menyeruput Kopi
Kopi dan Jus Lemon Mampu Turunkan Berat Badan, Ini Kata Pakar

3. Jangan jadikan kopi sebagai pengganti makanan

Ingat, kopi bukan makanan atau camilan. Jangan sampai kita melewatkan makan siang lalu minum secangkir kopi pada pukul 3 sore sebagai cara untuk mengenyangkan perut. Kita berpikir kopi dapat menekan nafsu makan.

Faktanya, melewatkan makan tidak hanya berbahaya bagi metabolisme tubuh tapi juga membuat kita makan lebih banyak di kemudian hari. Minum kopi tanpa menghilangkan porsi makanan kita justru dapat memberi rasa kenyang dan mencegah kita makan berlebihan.