Sepele, Tapi Wajib Diperhatikan! Ini Perbedaan Es Batu Air Mentah dengan Air Matang

Ilustrasi Es Batu. (Freepik)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 25 Oktober 2021 | 10:45 WIB

Sariagri - Menikmati segelas minuman dengan tambahan es batu saat cuaca panas, begitu sangat menyegarkan. Namun tanpa disadari, sebenarnya ada bahaya yang bisa saja mengancam kesehatan tubuh.

Hal ini disebabkan kita tidak tahu pasti, apakah es batu yang dikonsumsi berasal dari air mentah atau air matang. Kita sendiri pun harus selektif dan hati-hati sebelum meminumnya. Mungkin memang terdengar sepele, tetapi bertindak waspada tidak ada salahnya. 

Untuk menghindari efek dari bahaya mengkonsumsi es batu dari air mentah, ada baiknya Sobat Agri memperhatikan perbedaannya. Caranya pun tidak sulit, BPOM menulis beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk membedakan es batu dari air matang dan air mentah.

Perbedaan Es Batu Air Mentah dengan Air Matang

Pertama, es batu yang berasal dari air mentah cenderung berwarna putih. Hal ini disebabkan kandungan gas di dalam air mentah masih sangat banyak. Biasanya, bentuk es yang dibuat dari air mentah adalah yang berbentuk balok. Pada dasarnya pabrik es membuat es batu balok sebenarnya dikhususkan untuk mengawetkan makanan, dan tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. 

Kedua, es batu yang dibuat menggunakan air matang akan terlihat lebih bening seperti kristal. Hal ini dikarenakan gas yang ada di dalam air matang, sudah terlepaskan ketika proses perebusan air. Warna yang seperti kristal inilah, yang membuat es batu dari air matang sering dinamakan es kristal.

Namun ternyata kedua perbedaan di atas tidak bisa dijadikan indikator pasti untuk menggambarkan kualitas dari suatu es batu. Hingga pada akhirnya BPOM pun menyarankan, agar mengetahui kualitas bahan baku es batu harus diuji di laboratorium, karena tidak cukup hanya dilihat dari kasatmata.

Baca Juga: Sepele, Tapi Wajib Diperhatikan! Ini Perbedaan Es Batu Air Mentah dengan Air Matang
Ini Tantangan BPOM untuk Kawal Peredaran Makanan

Alasannya, tidak selalu es batu yang bening atau es kristal terbuat dari air matang. Menghasilkan es batu seperti es kristal, ternyata ada tekniknya. Bahkan mesin-mesin es batu dengan teknologi canggih, sudah bisa menghasilkan es batu kristal dengan air mentah, dengan mencegah berkumpulnya kandungan-kandungan dalam air mengumpul di tengah saat dibekukan.

Namun demi terjaminnya kebersihan dan kehigienisan dari es batu, solusi terbaik adalah dengan mengkonsumsi es batu yang dibuat sendiri di rumah. Jika memang terpaksa minum dingin saat sedang di luar rumah, lebih baik pilih minuman yang ada di lemari pendingin daripada menggunakan es batu.