Jangan Disepelekan! Ini 5 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Ilustrasi Salad. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Sariagri - Tubuh manusia membutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi serta gizi seimbang. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, Kita mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian pada tubuh.

Memang betul makanan sehat dengan gizi seimbang memudahkan tubuh mencerna nutrisi dengan baik. Meski dibutuhkan oleh tubuh, ternyata makanan sehat juga memiliki efek buruk jika dikonsumsi secara berlebih. 

Nah, Sobat Agri, penasaran dengan makanan sehat apa saja sih yang tidak boleh dikonsumsi berlebih? karena bisa membahayakan tubuh.

Berikut Ini 5 makanan sehat yang tak boleh dikonsumsi berlebihan, dikutip dari bright side:

1. Alpukat

Pertama ada alpukat, buah yang satu ini mengandung banyak serat dan vitamin. Buah ini membantu menurunkan kolesterol jahat, juga menjaga sel-sel tubuh karena mengandung lemak tak jenuh.

Meski mengandung lemak tak jenuh, lemak tetaplah lemak. Pada satu buah alpukat mengandung 240 kalori, yaitu sekitar 10%-20% dari asupan ideal. Ketika tubuh mengkonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyababkan masalah penyumbatan pada arteri. 

2. Wortel 

Wortel sendiri mengandung beta karoten yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A. Tubuh tidak akan kekurangan vitamin A karena tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A sesuai dengan ketubuhan. 

Sayangnya, kelebihan beta karoten yang terdapat di wortel pada tubuh dapat menyebabkan karotenemia yang membuat kulit menjadi kekuningan. Jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus bisa membahayakan tubuh. 

3. Kedelai

Biji kedelai mengandung vitamin B, serat, kalium, magnesium serta protein. Ia dianggap memiliki sembilan protein lengkap yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. 

Perlu waspada jika sedang mengubah pola makan karena masalah tiroid. Pasalnya, kedelai dapat menggangu pengobatan hormon yang digunakan pada pasein hipotiroidisme. 

4. Rumput Laut

Rumput laut merupakan makanan kandungan non hewani. Ia mengandung vitamin B12 yang menjadi pangganti daging.

Biasanya rumput laut dijadikan pengganti daging untuk para vegetarian.  Selain itu juga mengandung serat dan tinggi yodium. Tetapi terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi yodium  akan menyebabkan masalah tiroid dan membuat berat badan meningkat. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 5 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan
Mengenal Clean Eating, Pola Diet yang Berfokus pada Makanan Segar dan Utuh

5. Pisang

Pisang, sama seperti gula mengkonsumsi terlalu banyak pisang akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Buah berwarna kuning ini dapat menghasilkan bakteri perusak emil gigi. 

Namun memakan pisang terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala. Mengapa demikian karena buah ini mengandung tinggi tyramine yang memicu migrain. 
 

Video Terkait