Viral Nasi Goreng Robot Malang, Dibaliknya Ada Kisah Tragis

Nasi Goreng Robot di Malang. (TikTok CahLuwe)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 18 Oktober 2021 | 13:10 WIB

Sariagri - Ada pemandangan tak biasa jika berkunjung ke Malang, tepatnya jika menikmati nasi goreng di Jalan Muharto gang 5B, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Sebuah rombong nasgor itu memiliki mesin pengaduk nasi goreng.

Sebuah video viral nasi goreng robot diunggah oleh @cahluwe di TikTok. Terlihat mesin pengaduk nasi goreng yang berada tepat di atas wajan penggorengan.

Diketahui, penjual nasi goreng itu bernama Dartadi (60 tahun). Dibalik inovasinya ini, ternyata menyimpan sebuah tragedi tragis, dimana 2018 lengan kirinya patah dalam insiden kecelakaan di Madura.

Untungnya, Dartadi memiliki keahlian instalasi elektronik dan las. Ia berhasil menyisipkan mesin pengaduk nasi dengan penggerak motor dinamo. Tak hanya untuk mengaduk nasi, mesin itu bisa mengeluarkan air untuk membersihkan wajan usai menggoreng nasi.

@cahluwe Nasi Goreng Robot Viral Di Malang #marikitacoba #kulinerindonesia #kulinernusantara #kulinertiktok #fyp #fypシ #GauthmathPower #kulinermalang #xyzbca ♬ Wolfgang Dance - DUTCH N3VER DIE!!!!

'Robot' nasi goreng itu dibuat Dartadi dari bahan-bahan perkakas. Ia merangkai besi-besi dan pisau layaknya jari-jari pengaduk, kemudian mesin itu dipasang pasang menggantung di atas wajan dan ada juga settingan kecepatan putarnya.

Video nasi goreng robot ini viral dan sudah dilihat lebih dari 900 ribu orang. Beragam komentar netizen, melihat inovasi yang dilakukan penjual nasi goreng, Dartadi. Bahkan ada yang memandang negatif karena dianggap penjual nasi goreng itu malas.

Baca Juga: Viral Nasi Goreng Robot Malang, Dibaliknya Ada Kisah Tragis
Warganet Nangis Lihat Seorang Ayah Ditraktir Anaknya Makan Sushi untuk Pertama Kali

"Semoga jualan bapaknya laris...Aamiin. Membeli dagangan orang lain sama halnya kita membantu sesama, yuk belajar memahami keadaan dan perjuangan seseorang," tulis Fransiskakusuma6.

"Itu tangan abangnya pernah kecelakaan buat ngaduk nasi goreng gak kuat, jadi jangan negatif dulu, jadi dia pakai bantuan robot untuk aduk nasi gorengnya," tambah Lady Diana menjelaskan kepada warganet lainnya.

"Food grade kalah orang luar negeri," komentar Bang Boi.

Video Terkait