Intip Yuk, Sederet Rempah-rempah yang Cocok untuk Membuat Roti

Ilustrasi roti. (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:50 WIB

Sariagri - Menambahkan bumbu rempah-rempah pada roti yang dipanggang mungkin tidak begitu dikenal di kalangan masyarakat tanah air. Namun di beberapa negara lain menggunakan rempah-rempah sebagai tambahan rasa pada roti adalah lumrah dilakukan, seperti menambahkan biji pala, cengkeh, kapulaga dan kayu manis.

Rempah-rempah yang dicampur ke dalam adonan roti selain menambah rasa juga dapat menimbulkan aroma yang menggugah selera sebagaimana rempah-rempah yang ditambahkan pada masakan lainnya.

Berikut jenis rempah-rempah yang bisa dicampurkan ke dalam adonan roti dengan rasa yang unik seperti dikutip the gardening cook.

Adas Manis (Pimpinella anisum)

Berasal dari Mediterania timur dan Asia Tenggara, biji adas manis disukai karena rasa licoricenya yang kuat. Roti yang menggunakan adas manis adalah roti pizzelle dari Italia, dan pfeffernüsse dari Jerman). Adas manis juga merupakan penyedap yang populer dalam roti Amerika Selatan, termasuk pan chuta Peru dan pan de anis.

Kapulaga (Elletaria cardamomum)

Dikenal karena khasiat obatnya, kapulaga adalah rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Kapulaga juga banyak digunakan sebagai bahan campuran roti seperti resep roti skolebrod yang berasal dari Norwegia dan roti vetebrod dari Swedia.

Kayu manis (Cinnamomum)

Kayu manis adalah kulit bagian dalam pohon dan digunakan dalam bentuk potongan kayu kecil utuh atau bubuk. Kayu manis memiliki aroma manis yang cocok digunakan dalam berbagai makanan, baik gurih maupun manis. Kayu manis bubuk adalah bumbu yang populer dalam pembuatan aneka jenis roti, Apple pie, wafel, panekuk maupun kue kering.

Cengkih (Syzygium aromaticum)

Cengkih adalah kuncup aromatik dari pohon asli Indonesia. Rempah ini mereka memiliki rasa yang sangat tajam dan sering digunakan untuk membuat aneka minuman hangat.

Di Eropa cengkih sering digunakan untuk membuat roti bertema musim gugur dan Natal, termasuk sebagai campuran roti jahe, roti labu berbumbu, pancake, dan muffin.

Baca Juga: Intip Yuk, Sederet Rempah-rempah yang Cocok untuk Membuat Roti
Kurangi Risiko Penyakit Jantung, Ini Rekomendasi Pola Makan Sehat

Jahe (Zingiber officinale)

Jahe adalah bahan yang sering digunakan pada masakan Asia Timur baik dalam hidangan gurih maupun manis. Rempah ini bisa digunakan dalam bentuk rimpang utuh atau bubuk. Untuk adonan roti, jahe biasanya digunakan untuk membuat roti tahini, muffin, pancake, wafel, dan kue kopi.

Pala (Myristica fragrans)

Pala adalah bumbu rempah yang awet dan tahan lama. Jika disimpan dengan baik dalam wadah kedapa udara pala akan awet hingga 4 tahun lamanya. Pala sering ditambahkan ke dalam adonan roti manis, seperti roti panggang Prancis, muffin, wafel, panekuk, dan kue kopi. 

Video Terkait

 

Video Terkait