4 Buah Ini Miliki Protein Dan Bagus Dikonsumsi Saat Diet

Ilustrasi buah-buahan (Pixnio)

Editor: M Kautsar - Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:30 WIB

Sariagri - Ketika melakukan diet, protein menjadi asupan yang tidak boleh dilupakan. Tidak hanya sumber protein hewani, tetapi sumber protein nabati juga jadi perhitungan yang baik untuk tubuh.

Salah satunya adalah buah-buahan. Tidak hanya kaya akan vitamin, tetapi sumber serat ini juga memiliki protein yang layak untuk tubuh. Meskipun bukan sumber protein utama tetapi tidak ada salahnya untuk menambahkan buah-buahan ini ke dalam asupan sehat.

Meski demikian, untuk pelaku diet dapat mengkonsultasikan penggunaan buah-buahan ini sebagai sumber protein tambahan yang dibutuhkan kepada ahli gizi.

Dilansir dari Food NDTV, berikut ini sejumlah buah yang memiliki protein,

1. Kismis

Ilustrasi kismis (Foto: Pixabay)
Ilustrasi kismis (Foto: Pixabay)

Buah kering yang biasanya ada pada roti ini memiliki protein. Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram kismis mengandung tiga gram protein.

2. Jambu biji

Jambu  <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/37765/Biji'>biji</a>  yang dijajakan pedagang di  <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/37364/Pasar'>pasar</a>  (Pixabay/Mohan Nannapaneni)
Jambu biji yang dijajakan pedagang di pasar (Pixabay/Mohan Nannapaneni)

Buah ini kaya vitamin C tetapi juga memiliki kandungan protein. Sebanyak 100 gram jambu biji mengandung 5 gram serat dan 2,6 gram protein.

Baca Juga: 4 Buah Ini Miliki Protein Dan Bagus Dikonsumsi Saat Diet
Masuk ke Golongan Buah Subtropika, Ini Manfaat Buah Persik

3. Kurma

Ilustrasi warga berbagi kurma. (Foto: Freepik)
Ilustrasi warga berbagi kurma. (Foto: Freepik)

Buah yang dikonsumsi di negara Timur Tengah ini merupakan makanan pokok selama berabad-abad. Kurma dapat dimakan dan dipadukan dengan minuman seperti susu. Data Departemen Pertanian Amerika Serikat menyatakan 100 gram kurma mengandung 2,45 gram protein dan 8 gram serat.

4. Plum

Ilustrasi buah jamblang atau plum. (Freepik)
Ilustrasi buah jamblang atau plum. (Freepik)

Buah ini relatif kaya protein. Dibuat dengan mengeringkan buah plum matang dan mengandung berbagai macam mineral dan vitamin penting, bersama dengan beberapa nutrisi makro penting. Ini termasuk 2,18 gram protein per 100 gram, bersama dengan 7 gram serat makanan.