Panjangnya Bisa Puluhan Cm, Jagung Raksasa di Negara Ini Terancam Punah

Jala landrace jagung ukuran raksasa yang ditanam petani Meksiko.(Facebook Tamoamx)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 10 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Sariagri - Jagung dikenal sebagai salah satu sumber bahan pangan pokok yang mengandung kalori, air, protein, karbohodrat, gula, serat dan lemak. Jala Kota kecil di Meksiko memiliki jagung ukuran raksasa yang dikenal dengan nama jala landrace. Biji jala landrace merupakan biji jagung terbesar di dunia.

Dilansir dari Oddity Central, penanam jagung terbesar di dunia itu adalah seorang petani bernama Jesús Nazario Elías Moctezuma. Pada tahun 2019, Nazario memenangkan kompetisi tongkol jagung tahunan dengan panjang 39,5 cm. Sementara pemenang kedua tau runner-up hanya kalah 0,5 cm.

Para peserta harus bersaing dengan tongkol jala landrace, spesies yang dikenal memproduksi bulir jagung yang sangat besar. Jika jala landrace smpai kalah dari spesies jagung umum akan mengancam popularitas jagung raksasa itu.

Meski panjang tongkol jagung itu bisa mencapai 40 cm masih tetapi sebenarnya sudah tidak sepanjang dulu. Pada tahun 2016, seorang petani lokal memenangkan kontes tahunan dengan tongkol sepanjang 45 cm. Bahkan menurut laporan ilmiah tahun 1942 menyebutkan panjang tongkol hingga 60 cm dengan tinggi tanaman mencapai 6 m.

"Jala Landrace tidak cocok dengan sistem mekanisasi (pertanian) karena ukuran dan persyaratan agronomisnya,” ujar Peneliti Sosial Ekonomi Carolina Camacho.

“Itu (benih) harus ditaburkan dengan tangan dan karena tanaman dapat tumbuh beberapa meter atau lebih tinggi, telinga jagung harus dipanen dengan menunggang kuda,” tambahnya. 

Baca Juga: Panjangnya Bisa Puluhan Cm, Jagung Raksasa di Negara Ini Terancam Punah
Panjangnya Bisa Puluhan Cm, Jagung Raksasa di Negara Ini Terancam Punah

Saat ini kelestarian jala landrace mulai terancam. Penyebabnya semakin banyak petani beralih menanam spesies lain sehingga keberadaan dan produksinya semakin berkurang.\

Penyebab lainnya, bibit jagung raksasa yang ditanam ke negara bagian lain di Meksiko tidak memberikan hasil serupa dengan di Jala. Spesies ini telah dikirim dan ditanam di Sinaloa, Jalisco dan Nayarit tetapi hasilnya tidak sebesar di Jala.

Video terkait:

Video Terkait