6 Manfaat Teh Kayu Manis, Ampuh Cegah Diabetes

Ilustrasi Kayu Manis. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Senin, 4 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Sariagri - Teh kayu manis merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minuman ini terbuat dari kulit bagian dalam pohon kayu manis, yang menggulung menjadi gulungan saat dikeringkan, membentuk batang kayu manis yang bisa dikenali.

Kemudian, kayu ini direndam dalam air mendidih, atau digiling menjadi bubuk yang dapat digunakan untuk membuat teh.
Teh kayu manis penuh dengan senyawa bermanfaat yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mencegah diabetes.

Berikut penjelasannya dilansir dari Healthline

Mencegah radikal bebas 

Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah yang kaya akan antioksidan. Teh kayu manis dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas, menjaga tetap sehat dan melindungi tubuh dari penyakit.

Mengendalikan kadar kolesterol 

Kayu manis mengandung senyawa yang menyehatkan jantung yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Ini juga dapat mengurangi tekanan darah dan trigliserida dan kadar kolesterol LDL (jahat).

Mencegah diabetes

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan resistensi insulin, sehingga meningkatkan efektivitas insulin. Efek ini mungkin menawarkan perlindungan terhadap diabetes tipe 2.

Baca Juga: 6 Manfaat Teh Kayu Manis, Ampuh Cegah Diabetes
Agar Terhindar dari Penuaan Dini, Cobain Deh Konsumsi Ini



Menurunkan berat badan 

Minum teh kayu manis dalam jumlah besar dapat membantu menurunkan lemak tubuh, tetapi minuman ini bisa mengandung kadar kumarin yang sangat tinggi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah dosis yang lebih rendah juga memberikan manfaat penurunan berat badan.

Mencegah kerusakan gigi

Senyawa yang ditemukan dalam teh kayu manis dapat membantu melawan bakteri dan jamur. Mereka juga dapat membantu menyegarkan napas dan mencegah kerusakan gigi.

Mengurangi gejala PMS 

Teh kayu manis dapat membantu meringankan kram menstruasi yang menyakitkan dan gejala PMS. Ini juga dapat membantu mengurangi perdarahan menstruasi, serta mual dan muntah selama menstruasi.

Video Terkait