Daerah Ini Genjot Peningkatan Komoditas Porang Kualitas Ekspor

Ilustrasi - Hasil panen porang. (Antara Foto/Siswowidodo)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 1 Oktober 2021 | 17:50 WIB

Sariagri - Pemerintah Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mendorong peningkatan kualitas komoditas porang bernilai ekspor. Budidaya porang di Majene berada di Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana sebanyak 8.000 umbi dengan luas satu hektare dan Kelurahan Baruga Kecamatan Banggae Timur sebanyak 34.000 umbi dengan luas lima hektare.

"Sampai saat ini, baik perorangan maupun kelompok telah mengajukan permohonan untuk ikut dalam program pengembangan porang melalui pola off taker," ujar Wakil Bupati Majene Arismunandar.

Arismunandar pada bimbingan teknis (bimtek) budidaya dan percepatan ekspor komoditas porang, 30 September 2021 mengungkapkan, rencananya pengembangan porang, akan dilakukan di delapan kecamatan.

Wabub berharap pengembangan porang mendapat dukungan emerintah pusat dan daerah untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, maju dan modern.

"Para petani porang berharap kepada pihak Karantina Pertanian Sulbar, dapat melakukan bimbingan dan pendampingan agar subsektor pertanian porang dapat memberikan nilai tambah ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Majene," katanya.

Sementara, Wakil Rektor Unsulba Anwar Sulili yang menjadi pembicara pada bimtek mengatakan, tanaman porang di Sulbar berpotensi besar untuk dikembangkan kecuali di Kabupaten Mamasa.

"Pasalnya, tanaman porang mempunyai syarat ketinggian tempat tumbuh yang baik. Perlu diperhatikan persoalan usai panen, terutama dalam hal pemasaran, jangan dijual dalam bentuk umbi. Lebih baik dijual dalam bentuk chip dan tepung, agar mempunyai nilai jual yang tinggi dan yang membeli juga tidak dapat menanamnya," jelasnya.

Baca Juga: Daerah Ini Genjot Peningkatan Komoditas Porang Kualitas Ekspor
Keren! Tempe Indonesia Bakal Eksis di Pasar Jepang karena Sehat dan Bergizi

Sedangkan Kepala Karantina Pertanian Sulbar yang diwakili Indra Dewa mengatakan komitmen Kementerian Pertanian dalam arahan Menteri Pertanian yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian tentang komoditas ekspor

"Inilah yang membuat kami menghadirkan para petani langsung dengan narasumber yang semuanya luar biasa,. Di tengah pandemi seperti ini, komoditas pertanianlah yang dominan mendukung naiknya tingkat perekonomian di Indonesia, termasuk di dalamnya adalah komoditas porang," kata Indra Dewa.

Video terkait:

Video Terkait