Jangan Sampai Salah, Ini 3 Kunci Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Tingkatkan Kesehatan

Ilustrasi buah dan sayuran (Pexels)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 1 Oktober 2021 | 10:30 WIB

Sariagri -  Era sekarang begitu banyak informasi di internet tentang macam-macam jenis diet. Tak pelak membuat beberapa orang kebingungan memilih model diet yang sesuai dengan tubuhnya.

Sejumlah diet bahkan memberlakukan aturan yang ketat untuk beberapa jenis makanan tertentu yang tak boleh dikonsumsi sedikit pun. Jika tidak mencermati kondisi tubuh, salah memilih model diet ternyata bisa membahayakan kesehatan.

Daripada bingung memilih mana model diet yang aman, sobat agri bisa berpatokan pada 3 kunci diet untuk menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan kita, dikutip dari Healthline.

1. Penuhi kebutuhan serat

Serat banyak ditemukan dalam banyak makanan sehat termasuk sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Banyak penelitian ilmiah menyatakan bahwa mengonsumsi lebih banyak makanan kaya serat membuat kita lebih mudah untuk mempertahankan berat badan atau menurunkannya.

Caranya mudah saja, cukup dengan gandum untuk sarapan, menambahkan salad buah ke menu harian, atau mengemil kacang dan biji-bijian di sore hari.

2. Buang gula berlebih

Gula tambahan terutama yang berasal dari minuman manis adalah alasan utama di balik bertambahnya berat badan. Dan tak hanya soal berat badan, gula tambahan itu juga memicu risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Bukan hanya minuman manis, makanan seperti permen, minuman bersoda, serta aneka kue yang dipanggang juga mengandung kadar gula tambahan yang tinggi tapi rendah nutrisi yang diperlukan tubuh.

Untuk mengurangi gula tambahan, itu artinya meminimalkan masuknya makanan dan minuman manis ke dalam tubuh. Kita juga mesti cermat membaca kemasan makanan yang memasang label "organik" atau "makanan sehat" karena beberapa di antaranya ustru memiliki kadar gula tinggi. Sangat penting untuk memperhatikan daftar nutrisi yang dikandungnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini 3 Kunci Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Tingkatkan Kesehatan
Mengenal Clean Eating, Pola Diet yang Berfokus pada Makanan Segar dan Utuh

3. Memperbanyak lemak sehat

Lemak selalu dianggap sebagai musuh untuk menurunkan berat badan. Makanan berlemak pun menjadi makanan nomor satu yang dihilangkan dari daftar menu diet. Namun faktanya, ada jenis lemak yang justru menjadi penolong pertama untuk mengurangi berat badan berlebih.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan mengandung lemak sehat seperti zaitun, alpukat, serta kacang-kacangan justru efektif untuk mengurangi berat badan. Lemak juga menyebabkan kita merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan kita untuk mengudap. Hal itu tentu membuat berat badan lebih terjaga.  

Video Terkait