Empat Makanan Ini Ampuh Kurangi Efek Samping dari Vaksin COVID-19

Ilustrasi Makanan. (Istimewa)

Editor: Reza P - Sabtu, 18 September 2021 | 18:30 WIB

Sariagri - Bagi sebagian orang mungkin khawatir dengan efek samping dari vaksin yang dapat dialami oleh tubuh. Namun sebenarnya hal tersebut bisa diatasi dengan memperbanyak waktu untuk beristirahat, selain itu mengonsumsi makanan tertentu juga bisa menjadi pilihan.

Efek samping setelah vaksin COVID-19 pada umumnya dikarenakan tubuh sedang beradaptasi dengan kandungan dalam vaksin itu sendiri. Efek samping yang paling umum dialami ialah nyeri di sekitar area suntikan, sakit kepala, tubuh terasa pegal, dan sebagainya.

Efek samping tersebut akan hilang dalam waktu singkat. Untuk mempercepat proses pemulihannya mengonsumsi beberapa jenis makanan ini bisa menjadi pilihan anda, dengan begitu efek samping bisa segera sembuh. Simak ulasannya berikut ini.

Telur

Mengonsumsi makanan berprotein merupakan hal yang penting dilakukan, telur juga termasuk salah satu pilihan makanan yang mengandung banyak asam amino. Melansir dari NDTV Food (food.ndtv.com) menyebut  telur menjadi pilihan yang tepat bagi penderita diabetes yang baru mendapat vaksinasi.

Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3, di mana bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu ikan juga mengandung antiinflamasi, maka dari itu mengonsumsi ikan bertujuan agar peradangan dalam tubuh akibat efek vaksin dapat mereda.

Buah dan sayur

Buah dan sayur sangat dianjurkan untuk mengatasi efek samping akibat vaksin COVID-19. Hal tersebut karena buah dan sayur mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Baca Juga: Empat Makanan Ini Ampuh Kurangi Efek Samping dari Vaksin COVID-19
Catat! 7 Makanan Ini Justru Menurunkan Sistem Imun Tubuh

Kunyit

Kandungan yang terdapat di dalam kunyit dipercaya mampu meredakan stres yang sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi kunyit maka efek samping akibat vaksin dapat dikontrol oleh kehadiran kunyit dalam tubuh.

Terakhir yang perlu diperhatikan selain keempat hal di atas ialah, bagi mereka yang baru saja menerima vaksin perlu membatasi diri ketika mengonsumsi alkohol.

Video Terkait