Buku Resep 'Harta Karun' Kuno Berusia 90 Tahun dengan 3 Bahasa Ditemukan di Sini

Buku Resep Berusia 90 tahun. (Sariagri/Yudi Asmaraloka)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 7 September 2021 | 17:10 WIB

Sariagri - Umah Kaujon, rumah bersejarah yang berada di Kota Serang ini ternyata menyimpan banyak 'harta karun' yang menarik. Salah satunya, buku resep makanan yang usianya hampir 90 tahun. 

Buku 145 resep masakan kuno itu ditemukan di Umah Kaujon yang merupakan rumah peninggalan ketua Sarekat Islam Banten, Hasan Jayadiningrat. Lokasinya berada di jalan Hasan Jayadiningrat, RT 1/1 Lontar Baru, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Buku itu diketahui milik dari pasangan M Rahman dan Suleha, suami istri yang tinggal di Umah Kaujon sejak tahun 1930-an. Buku itu ditulis tangan oleh Suleha dengan huruf latin menggunakan campuran tiga bahasa, yakni Bahasa Sunda, Belanda dan Jawa.

Cucu dari Suleha, Syalita Fawnia yang mewarisi buku tersebut bercerita kalau ia tak sengaja menemukan buku resep kunoitu saat berbenah  Umah Kaujon.

"Waktu itu keluarga besar kami ingin berbenah untuk melakukan restorasi rumah pada 2016 yang memang sudah lama gak ditempatin. Saat itu saya menemukan buku resep itu, ada buku menjahit juga," ucapnya.

Ia melanjutkan, menulis buku resep memang lumrah dilakukan oleh wanita pada saat itu, untuk diapikasikan di kehidupan sehari-hari. Buku itu memuat 154 resep masakan dari berbagai daerah.

Baca Juga: Buku Resep 'Harta Karun' Kuno Berusia 90 Tahun dengan 3 Bahasa Ditemukan di Sini
Bukan Puding atau Bolu, Tebak Makanan Apakah Ini?

Selain kue, ada juga resep kue serta makanan khas Belanda. Seperti kroket kentang kumeli, zuppa soup pare,sop makaroni, acar master dan banyak lagi.

Tak ketinggalan, terdapat resep makanan khas Banten yakni angeun lada. "Banyak juga resep yang menggunakan bahan yang biasa dipakai orang Belanda, seperti wine, peterseli dan lainnya" ucapnya.

Hingga saat ini buku resep makanan tersebut masih terawat dan disimpan di Umah Kaujon. (SariAgri/Yudi Asmaraloka)

Video Terkait