Catat! Ini 12 Makanan yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah

Ilustrasi sayuran. (pixabay)

Editor: Reza P - Jumat, 3 September 2021 | 09:00 WIB

Sariagri - Makanan mentah disebut memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan yang sudah dimasak, sebab kandungan nutrisinya masih terjaga dan tidak terkena proses pemanasan.

Seperti gaya hidup vegan yang umumnya makan makanan mentah terutama yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan tersebut akan lebih sehat karena tidak terekspos dengan panas yang tinggi, yang hanya akan membuat kandungan nutrisi dan antioksidannya hilang.

Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa dikonsumsi mentah untuk mendapatkan manfaat lebih, mengutip dari Boldsky.

Bayam

Bayam hijau adalah salah satu sayuran berdaun hijau terbaik saat dimakan mentah karena mengandung vitamin C dan E, serat, enzim, dan asam amino dalam jumlah yang baik.

Daun bayam muda paling baik dikonsumsi mentah. Saat dimasak, bayam tidak hanya kehilangan rasanya tetapi juga asam aminonya.

Wortel

Wortel mentah memberikan nilai gizi paling banyak dibandingkan wortel yang dimasak. Makanan mentah ini baik untuk mata dan dapat menjaga tubuh tetap energik.

Ketimun

Untuk mendapatkan semua rasa dan tekstur yang renyah, sebaiknya konsumsi mentimun secara mentah. Mereka juga bisa dimakan sebagai camilan rendah kalori atau dipasangkan dengan hummus, minyak zaitun atau garam.

Tomat

Tomat mentah menyediakan vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang mendalam. Makan tomat mentah dapat membantu mencegah timbulnya kondisi kesehatan tertentu, termasuk keropos tulang, kanker, diabetes, batu ginjal, serangan jantung dan obesitas.

Bawang bombai

Bawang mengandung senyawa pelawan kanker dan senyawa belerang. Makan bawang mentah sebagai pengganti bawang matang disebut dapat melindungi dari kanker paru-paru dan kanker prostat.

Kale

Kale memiliki konsistensi tinggi vitamin K, yang diperlukan untuk tubuh. Sertakan kangkung mentah dalam diet kamu untuk meningkatkan proses pencernaan dan mencegah timbulnya masalah perut seperti gangguan pencernaan dan gas.

Seledri

Cara terbaik untuk mengkonsumsi seledri adalah dalam bentuk mentahnya. Namun, hindari mengkonsumsi seledri mentah dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan penyakit gondok atau pembesaran kelenjar tiroid.

Lemon

Dikemas dengan vitamin C dan serat, lemon mengandung beberapa senyawa tanaman, mineral, dan minyak esensial. Konsumsi mentah untuk memanfaatkan semua elemen sehat yang ada di dalamnya.

Bawang putih

Setiap hidangan yang dimasak dengan bawang putih penuh dengan rasa. Sayangnya, nilai gizinya akan berkurang ketika dimasak. Bawang putih mengandung senyawa penangkal kanker yang bisa dimanfaatkan saat memakannya mentah-mentah.

Brokoli

Ini adalah salah satu sayuran paling sehat dan bisa dikonsumsi mentah. Namun, jika tidak menyukai rasa yang dimiliki sayuran hijau ini, kamu bisa menumisnya selama satu menit dan pastikan tidak memasaknya terlalu lama.

Baca Juga: Catat! Ini 12 Makanan yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah
Habis Momen Lebaran, Konsumsi Empat Makanan Ini Agar Kondisi Kembali Sehat

Minyak zaitun

Banyak orang menggunakan minyak zaitun dalam memasak untuk menjaga berat badan. Namun, minyak zaitun paling baik digunakan mentah karena kaya akan vitamin E dan antioksidan, yang akan hilang saat minyak dimasak terlalu panas.

Paprika merah

Paprika merah mentah mengandung sekitar 32 kalori dan penuh dengan vitamin C, yang berkurang saat dimasak. Cara terbaik untuk menikmati paprika merah mentah adalah memakannya dengan cara dipanggang.

Video Terkait