Wajib Diperhatikan Nih! Usai Vaksin COVID-19, Ini Makanan dan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi

Ilustrasi buah dan sayuran (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 1 September 2021 | 14:08 WIB

Sariagri - Pandemi COVID-19 sudah melanda lebih dari satu tahun di seluruh dunia. Saat ini, salah satu cara yang dinilai paling efektif untuk memutus rantai virus Corona adalah Vaksinasi COVID-19.

Kini, distribusi vaksin terus digencarkan untuk membangun herd immunity atau kekebalan komunal. Orang yang sudah di vaksin melaporkan mengalami efek samping, seperti nyeri di bekas suntikan, lengan pegal, sakit kepala hingga demam.

Namun, tahukah Sobat Agri ternyata ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumi usai vaksin. Tujuannya untuk mengurangi efek samping dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lantas, apa saja makanan yang baik dikonsumsi usai vaksin?

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut yang berkaitan antara makanan dan efektivitas vaksin, namun para ahli menyarankan untuk mengonsumsi vitamin c dan makanan bergizi tinggi setelah divaksin.

"Tidak ada penelitian yang cukup untuk mendukung bahwa makanan atau suplemen anti-inflamasi seperti vitamin C akan membuat vaksin COVID lebih efektif. Tapi secara umum, makan makanan bergizi tinggi dan mengonsumsi vitamin C memang membantu sistem kekebalan tubuh," kata Dr heather Koza, selaku dokter di Comprehenive Integrative Healthcara, Michigan.

Seperti diketahui, vitamin C memang terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mendapatkan vitamin C melalui buah atau sayur-sayuran.

Selain itu, para ahli juga menganjurkan untuk mengurangi makanan penyebab peradangan setelah vaksin. Salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi adalah junk food.

Baca Juga: Wajib Diperhatikan Nih! Usai Vaksin COVID-19, Ini Makanan dan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi
Dikenal sebagai Makanan Penutup, Ini 5 Jenis Jeruk dari Indonesia

Maka dari itu, daripada konsumsi makanan olahan ada baiknya memilih makanan utuh seperti ikan, sayuran dan kacangan-kacangan. Adapun beberapa rempah seperti kunyit yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi inflamasi atau peradangan. Tak hanya itu, beberapa ikan seperti sarden, teri, herring dan salom juga memiliki kandungan omega 3 tinggi yang merupakan antiinflamasi.

Usai divaksin, dokter juga menekankan untuk minum ait putih supaya tubuh tetap terhidrasi. Disisi lain, sebaiknya orang yang sudah divaksin tidak mengonsumsi alkohol. Pasalnya alkohol akan membuat tubuh menjadi dehidrasi.

Video Terkait