Takjub, Khasiat Ini Bisa Kamu Rasakan Jika Rutin Konsumsi Keju, Yoghurt dan Cokelat

Ilustrasi yogurt. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 18 Agustus 2021 | 19:30 WIB

Sariagri - Penelitian menunjukkan sebagian besar pola makan nabati dapat meningkatkan kesehatan jantung. Akan tetapi, Sobat Agri tidak perlu menjadi vegan sepenuhnya untuk sehat, lantaran makanan seperti keju, cokelat dan yoghurt juga memiliki manfaat yang sama.

Melansir insider.com, mengonsumsi beberapa produk susu penuh lemak dalam jumlah sedang, tetap dapat membantu melindungi jantung, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 6 Juli di Cardiovascular Research.

Para peneliti dari University of Naples meninjau hampir 100 studi tentang hubungan antara risiko penyakit jantung dan kebiasaan makan. Mereka berfokus pada kategori makanan tertentu, seperti daging merah, unggas, telur, susu, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Temuan mereka menunjukkan bahwa makan yoghurt dan keju dalam jumlah kecil secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ini kemungkinan besar akibat proses fermentasi yang terlibat dalam makanan tersebut. Konsumsi sejumlah kecil cokelat juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Lalu, apakah konsumsi susu bagus untuk jantung?

Para peneliti menemukan konsumsi maksimal 200 gram produk susu per hari tidak terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kecuali mungkin jika konsumsinya terlalu tinggi, namun data tentang hal itu sangat terbatas.

Berlawanan dengan teori lama bahwa kandungan lemak jenuh yang tinggi berisiko bagi kesehatan jantung, penelitian dari University of Naples ini menemukan bahwa jenis susu tertentu tampaknya memiliki efek perlindungan terhadap jantung.

Misalnya, orang yang mengonsumsi setidaknya satu porsi (200 gram), atau tiga perempat cangkir yogurt per hari, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada orang yang tidak makan yoghurt. Keju juga bermanfaat dalam jumlah sedang, yakni hingga 50 gram (sekitar dua setengah iris atau sepertiga dari secangkir keju parut) per hari.

Sedikit cokelat setiap hari dapat melindungi jantung.

Studi para ilmuwan dari University of Naples juga menemukan hubungan kecil namun signifikan antara makan cokelat secara teratur dan risiko penyakit jantung yang sedikit lebih rendah.

Makan antara 20 gram hingga 45 gram cokelat sehari, antara setengah hingga 1,5 ons cokelat batangan terbukti memiliki manfaat paling banyak. Namun jangan lebih dari takaran itu.

Untuk ukuran terbaik, peneliti merekomendasikan 10 gram cokelat sehari, guna menghindari terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan atau kalori berlebih yang bisa mengimbangi manfaatnya bagi kesehatan jantung.

Bukti menunjukkan senyawa spesifik dalam kakao yang disebut flavanol, terkait dengan manfaat kesehatan jantung dari cokelat.

Penelitian terbaru ini tidak membedakan jenis cokelat. Hal ini berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan cokelat hitam lebih baik untuk kesehatan jantung, karena lebih kaya flavanol, antioksidan dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Baca Juga: Takjub, Khasiat Ini Bisa Kamu Rasakan Jika Rutin Konsumsi Keju, Yoghurt dan Cokelat
Habis Berolahraga? Cobain 7 Minuman Ini Agar Tetap Fit

Tapi hati-hati dengan minuman cokelat susu. Minuman ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan lantaran cenderung lebih tinggi gula tambahan dan lemak olahan.

Intinya, jangan konsumsi ketiga makanan itu secara berlebihan ya Sobat Agri, jika kamu ingin mendapatkan hasilnya secara maksimal. Karena jika berlebihan, kamu bukan mendapat manfaat tapi justru berdampak buruk bagi kesehatan. 

 

Video Terkait