Habis Berolahraga? Cobain 7 Minuman Ini Agar Tetap Fit

Ilustrasi minuman teh. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:40 WIB

Sariagri - Berolahraga tentu saja akan menghasilkan keringat sehingga badan membutuhkan cairan yang bisa membuat tetap segar. Minum pasca olahraga bisa membuat tubuh tetap terhidrasi dan menghindarkan badan dari rasa lelah atau sakit.

Ahli Diet dan Konsultan Nutrisi Lauren Minchen mengatakan terdapat berbagai minuman yang bisa mengembalikan cairan pasca tubuh berolahraga.

Dilansir dari Byrdie, berikut ini 7 minuman yang cocok usai berolahraga:

1. Air

Air merupakan cairan paling pasti untuk mengisi kembali tubuh usai berolahraga. "Setiap sel, jaringan dan organ dalam tubuh kita menggunakan air untuk bekerja," ujar Minchen.

Air dalam tubuh dapat digunakan untuk mengatur suhu, pencernaan dan melumasi sendi. "Jadi menyediakan air bersih adalah cara terbaik dan tercepat untuk rehidrasi setelah berolahraga," ucapnya.

2. Minuman elektrolit

Elektrolit merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik termasuk natrium, klorida, kalium, magnesium dan kalsium. Olahraga yang intens dan keringat yang banyak dapat menguras nutrisi dari tubuh dan menghasilkan ketidakseimbangan elektrolit sehingga berdampak kelelahan dan dehidrasi.

Minchen mengatakan solusinya adalah dengan bantuan minuman elektrolit. Namun dia menyarankan tetap menggunakan varietas rendah gula untuk rehidrasi yang paling efisien.

3. Air kelapa

Air kelapa menjadi salah satu minuman yang cocok usai olahraga. Diana Savani, Ahli Diet dan Konsultan Nutrisi di Vita Coco mengatakan air kelapa adalah sumber elektrolit alami seperti potasium, natrium dan magnesium.

Kandungan tersebut menjadian air kelapa sebagai pilihan yang bagus untuk mengisi kembali mineral yang terkuras pasca olahraga. Selain itu, air kelapa juga mengandung gula alami yang dapat memulihkan energi tubuh.

4. Teh tawar

Teh tawar bisa menjadi solusi minuman segar pasca olahraga. Ramuan kaya antioksidan ini membantu mendukung hidrasi, pemulihan otot dan kesehatan secara keseluruhan.

Minchen merekomendasikan teh hijau rasa buah, chamomile, jahe, mint dan pastikan tanpa kafein. Alasannya, kafein dapat menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

5. Susu cokelat

Savani menilai susu cokelat dapat memulihkan kekuatan dalam tubuh. "Susu coklat adalah pembangkit tenaga nutrisi dalam hal pengisian bahan bakar setelah berolahraga, membawa semua komponen bermanfaat untuk bahan pasca latihan, karbohidrat, protein, cairan, elektrolit," ujarnya.

Nutrisi yang disebutkan itu dapat memulihkan sumber energi yang terkuras dan memberi tubuh makanan yang dibutuhkan untuk memberi energi pada otot.

6. Jus sayuran

Baca Juga: Habis Berolahraga? Cobain 7 Minuman Ini Agar Tetap Fit
Apa Efek yang Terjadi Jika Pria Minum Susu Ibu Hamil?

Sayuran menjad sumber nutrisi penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan bekerja dengan baik. Jus yang mengandung sayuran berdaun hijau, bit, wortel dan lainnya yang menyediakan vitamin, mineral dan antioksidan dibutuhkan untuk mendukung pemulihan otot dan rehidrasi pasca latihan.

7. Smoothie

Savani merekomendasikan untuk memadukan buah dan sayuran dan sumber protein lainnya seperti air kelapa, susu almond, yogurt atau bubuk protein. Hal tersebut baik jika seseorang kehilangan nafsu makan pasca olahraga.