Tidak Hanya untuk Masakan, Ini 9 Manfaat Cuka yang Tidak Terduga

Ilustrasi Cuka. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:20 WIB

Sariagri -  Banyak orang biasanya menambahkan cuka dalam masakan mereka. Salah satunya adalah untuk membuat rasa asam atau kecut pada makanan.

Di Amerika Serikat, masyarakatnya paling banyak menggunakan dua bentuk cuka yaitu sari putih dan sari apel yang disuling. Sedangkan di Irlandia lebih menyukai cuka malt, orang Asia memilih cuka beras, di Mediterania cuka anggur (sherry merah dan putih) paling populer.

Banyak cuka yang dibumbui dengan bahan seperti buah-buahan dan rempah-rempah. Dilansir dari How Stuff Works, cuka memiliki fungsi lain yang tidak terkait dengan masakan.

Ini 9 Manfaat Cuka yang Tak Terduga

1. Salep dan pengusir serangga

Setetes cuka putih untuk mengurangi rasa gatal pada sengatan serangga dan membantu mendisinfeksi area tersebut. Cuka sari apel juga bekerja sebagai pengusir serangga yaitu dengan menggosokkan beberapa di lengan dan kaki.

2. Bunuh gulma dan singkirkan semut

Tidak perlu membeli semprotan yang mengandung bahan kimia untuk menghilangkan dandelion dan gulma lainnya yang tidak sedap dipandang. Cukup semprotkan dengan cuka putih suling sebagai gantinya.

Oleskan cuka pada hari yang kering dan cerah. Jika hujan turun setelah mengoleskan, jangan lupa untuk oleskan kembali setelah kering. Jika terdapat sarang semut, semprotkan dengan campuran air dan cuka putih. Serangga tidak menyukai bau cuka, mereka akan segera pindah.

3. Membersihkan telinga peliharaan

Jika telinga anjing kotor cukup campurkan empat sendok makan air dan satu sendok makan cuka putih suling lalu oleskan ke bagian dalam telinganya, lap hingga bersih. Namun jangan lakukan jika terdapat luka di telinganya.

4. Membersihkan gunting

Gunting kerapkali kotor dan susah dibersihkan. Cobalah membersihkannya dengan cuka putih suling lalu keringkan. 

5. Menghilangkan bau asap

Bau asap tidak menyenangkan. Isilah beberapa mangkuk dangkal dengan cuka putih atau sari apel dan letakkan di sekitar ruangan. Bau asap akan hilang dalam waktu 24 jam. Untuk bantuan yang lebih cepat, basahi kain dengan cuka dan kibaskan di sekitar ruangan. Jika tidak menyukai bau cuka bisa ditambahkan dengan beberapa tetes minyak lavender ke dalamnya.

6. Perawatan mobil

Cuka cukup berguna untuk perawatan mobil. Ketika musim dingin tiba, semprotkan cuka untuk membantu mencegah embun beku di jendela mobil. Selain itu, cuka dapat membersihkan bilah penghapus kaca jika pembersihannya sudah berkurang. Cukup gunakan lap yang dielupkan ke dalam cuka putih.

7. Perangkap lalat buah

Siapkan semangkuk cuka sari apel dengan tiga tetes sabun cuci piring di dalamnya. Lalat buah akan tertarik dengan aromanya dan tenggelam ke dalam campuran itu.

8. Hapus noda

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Masakan, Ini 9 Manfaat Cuka yang Tidak Terduga
Mau Punya Otot Keren? Coba Konsumsi Protein saat Sarapan Pagi

Cuka berguna untuk menghapus noda pada baju di bagian ketiak akibat penggunaan deodorant. Ambilah sedikit cuka, gosokkan ke noda lalu cuci seperti biasa. Lakukan pengecekan sebelum dikeringkan, jika masih terdapat noda, ulangi kembali yang telah dilakukan.

9. Membuat rambut bersinar

Trik lama ini masih banyak digunakan oleh banyak orang untuk membuat rambut berkilau. Cukup campurkan 1-2 sendok makan cuka (sari apel atau putih) dengan 1 cangkir air, lalu tuangkan ke atas kepala dan pijat ke akar rambut setelah keramas. Pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh untuk menghilangkan baunya. Meskipun campuran ini aman untuk rambut bahkan jika diwarnai, sebaiknya gunakan bilasan ini seminggu sekali karena sifatnya yang asam.

Video Terkait