Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Green Tea dengan Matcha yang Harus Diketahui

Ilustrasi Matcha. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 30 Juli 2021 | 16:40 WIB

SariAgri - Belakangan ini semakin banyak ditemui berbagai jenis minuman dengan varian rasa green tea dan matcha. Dalam bayangan kita seringkali keduanya merupakan jenis minuman teh hijau yang sama dan identik dikaitkan dengan negara Jepang.

Faktanya antara green tea dan matcha merupakan dua jenis minuman yang berbeda. Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata ada perbedaan di antara keduanya meski memiliki warna hijau.

Berikut Perbedaan Green Tea dengan Matcha:

Proses pengolahan

Matcha dan green tea berasal dari daun tanaman Camellia sinensis, namun pengolahannya diproses dengan cara yang berbeda. Matcha berasal dari daun yang sama seperti green tea tetapi tumbuh di tempat yang teduh dan daunnya kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Sedangkan green tea dibuat dari daun teh yang dipetik dan dikukus serta dikeringkan terlebih dahulu sebelum difermentasi (oksidasi).

Kandungan

Menurut data USDA, 1 cangkir green tea mengandung sekitar 2 kalori sedangkan matcha mengandung sekitar 5 kalori per porsi. Green tea dan matcha sama-sama mengandung katekin yang bersifat antioksidan, salah satu yang paling banyak ditemukan yaitu senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Tetapi matcha mengandung EGCC tiga kali lebih banyak daripada yang terkandung pada green tea.

Manfaat

Green tea telah digunakan selama ribuan tahun di Cina dan Jepang sebagai tujuan pengobatan. Menurut Journal of Ethnopharmacology, senyawa antioksidan EGCG pada green tea dan matcha telah dikaitkan dengan sifat terapeutik seperti anti-aterosklerosis, anti-diabetes, anti-inflamasi, dan efek antioksidan.

Namun, matcha juga mengandung L-theanine yang kaya asam amino yang dapat merelaksasi mental dan membantu melawan sinyal stress. Pada dasarnya baik green tea maupun matcha dapat menjadi sumber antioksidan dan minuman alternatif penurun berat badan apabila dikonsumsi tanpa tambahan bahan apapun seperti gula atau krimer.

Kadar Kafein

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Green Tea dengan Matcha yang Harus Diketahui
Perusahaan Israel Luncurkan Fasilitas Produksi Budidaya Daging Pertama di Dunia

Karena diproses dengan cara menghaluskan seluruh daun, maka kandungan kafein matcha cenderung lebih tinggi dibandingkan green tea. Dikutip The Healthy, kandungan kafein matcha berkisar 18,9 hingga 44,4 miligram per gram, sedangkan kandungan kafein pada green tea berkisar 11,2 hingga 24,67 miligram per gram. Oleh sebab itu, mengkonsumsi matcha secara berlebihan dapat mengurangi manfaat kesehatan yang bisa didapat.

Cara Penyajian

Green tea tradisional dapat disajikan lebih mudah dibandingkan matcha dengan cara menyeduh green tea dalam air panas atau hangat. Sedangkan untuk menyajikan matcha diperlukan proses pengocokan agar bubuk matcha tidak menggumpal dan bisa terlarut sempurna di air panas maupun air dingin.

Video Terkait