Kerja Sama Sektor Pertanian, Sulteng-Tiongkok Kembangkan Kedelai

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura (kanan) (Antara/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 23 Juli 2021 | 23:00 WIB

SariAgri - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Pemerintah Tiongkok mulai menjalin kerja sama di sektor pertanian. Kerja sama itu terutama untuk mengembangkan kedelai di wilayah Sulteng.

"Saya akan melakukan pembangunan infrastruktur ke daerah-daerah di wilayah Sulteng yang menjadi daerah potensial kedelai," ujar Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, Jumat (23/7/2021).

Rusdy mengahatan telah membahas kerja sama itu dalam rapat virtual dengan Pemerintah Tiongkok dan Chansun Group sebagai investor dari negeri tirai bambu yang akan berinvestasi di wilayah Sulteng di sektor pertanian.

Pemerintah Tiongkok akan memberikan bantuan benih bibit kedelai, dukungan teknologi pertanian kepada Pemprov Sulteng. Selain itu Pemerintah Tiongkok akan menjadi pembeli hasil produksi kedelai itu.

Dalam rapat itu Rusdy mengundang Pemerintah Tiongkok yang diwakili Wakil Direktur Departemen Penelitian Kedelai Tiongkok Yang Zhonglu dan Chansun Group untuk datang ke Kota Palu.

Rusdy menginginkan kerja sama dan rencana investasi segera direalisasikan dua belah pihak. Dia menyebut Sulteng memiliki banyak daerah potensial pengembangan kedelai.

Baca Juga: Kerja Sama Sektor Pertanian, Sulteng-Tiongkok Kembangkan Kedelai
Jaga Kualitas Tidur Lebih Baik dan Imun, Cobain 6 Minuman Ini Deh

Wakil Direktur Departemen Penelitian Kedelai Tiongkok, Yang Zhonglu berterimakasih atas kesediaan Gubernur Sulteng untuk bekerja sama dengan Pemerintah Tiongkok dalam meningkatkan produksi kedelai di provinsi itu.

Pemerintah Tiongkok akan memberikan dukungan bibit dan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi kedelai.

Yang Zhonglu menambahkan kedepan kebutuhan Tiongkok terhadap kedelai terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhkan itu Pemerintah Tiongkok akan serius mewujudkan kerja sama dengan Pemprov Sulteng.

Video terkait: