Idul Adha Bikin Konsumsi Daging Meningkat, Simak Nih Tips Sehat dari Ahli Gizi

Ilustrasi daging. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 22 Juli 2021 | 17:30 WIB

SariAgri - Dalam suasana hari raya Idul Adha, masyarakat Indonesia pada umumnya mengonsumsi daging dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Akan tetapi, konsumsi daging yang berlebihan sebenarnya dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Aviria Ermamilia, memberikan beberapa tips yang dapat diikuti agar tubuh tetap sehat saat mengonsumsi daging di hari raya kurban.

Dilansir dari laman Universitas Gadjah Mada, Aviria menyebut salah satu poin yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi daging adalah mengontrol porsi makan daging. Dia menekankan bahwa sebaiknya konsumsi daging secukupnya dan tidak berlebihan.

Lebih lanjut, Aviria mengatakan agar memilih bagian daging yang memiliki sedikit kandungan lemak. Selain itu, minimalkan mengolah bagian jeroan maupun gajih.

Baca Juga: Idul Adha Bikin Konsumsi Daging Meningkat, Simak Nih Tips Sehat dari Ahli Gizi
Ini Saran Ahli Gizi untuk Penderita Autoimun Terkait Pola Makan

“Pastikan memasak daging hingga benar-benar matang dan olah secara beragam setiap harinya,” terangnya.

Aviria juga menyarankan agar mengolah daging dengan cara direbus atau dikukus, serta minimalkan mengolah daging dengan cara digoreng karena akan menambah kadar lemak.

“Minimalkan juga memasak dengan dibakar karena akan berisiko menambah zat karsinogenik yang bisa memicu kanker,” tambahnya.

Ia pun merekomendasikan agar konsumsi daging dilakukan bersama dengan konsumsi sayuran dan buahan yang cukup.

Video Terkait