Tips Mudah Menyimpan Daging dalam Kulkas Agar Tahan Lama

Ilustrasi daging (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Rabu, 21 Juli 2021 | 13:30 WIB

SariAgri -  Hari Raya Iduladha merupakan momentum bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban. Biasanya, hewan kurban yang disembelih masyarakat Tanah Air berupa kambing ataupun sapi.

Setelah disembelih, hewan kurban dibagikan kepada masyrakat. Ada yang mengolahnya untuk berbagai hidangan, seperti sate atau sop. Namun, ada juga orang yang menyimpan daging kurban tersebut ke dalam kulkas. Sebab, sebagian orang tidak mengolah semua daging kurban dalam sehari.

Maka dari itu penting untuk mengetahui cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tak mudah bau dan tetap awet.

Begini tips menyimpan daging kurban di kulkas agar  tahan lama, dikutip dari berbagai sumber.

1. Hindari Mencuci Daging

Disarankan untuk menghinari mencuci daging sebelum disimpan dalam kulkas. Pasalnya, pencucian dapat menyebabkan bau tak sedap semakin kuat. Tak hanya itu, air yang meresap ke dalam serat juga akan membuat daging lebih mudah rusak.

2. Potong-potong Daging

Daging perlu dipotong sesuai kebutuhan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini dilakukan supaya lebih mudah untuk mencairkan daging yang beku dan mempermudah daging untuk diolah. Selain itu, daging yang sudah dipotong juga akan menghemat tempat penyimpanan dalam kulkas.

3. Masukan Daging dalam Wadah Rapat

Simpan daging yang sudah didapat dalam wadah kedap udara dan rapat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya freezer burn atau kondisi daging yang diselimuti kristal es. Pastikan wadah tersebut berbahan food grade sehingga daging tetap aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Begini Tips Memasak Daging Supaya Empuk dengan Biji Kurma
Kenali Ciri-ciri Daging Kurban yang Sehat dan Aman

4. Bekukan Daging

Penting untuk membekukan daging dalam freezer dengan suhu dibawah 18 derajat Celcius. Tujuannya adalah agar daging tetap awet secara alami dan menghindari adanya bakteri dalam daging bereaksi.

Baca Juga: Tips Mudah Menyimpan Daging dalam Kulkas Agar Tahan Lama
Mudah Dilakukan, Begini Tips Memasak Daging Supaya Empuk dengan Biji Kurma



5. Catat Tanggal Penyimpanan

Daging memiliki daya tahan simpan yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, penting untuk memberi catatan tanggal sebagai tanda pengingat daging dimasukkan ke dalam kulkas.

Video Terkait