Selain Berjemur, Berikut 3 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Ilustrasi Kuning Telur yang mengandung vitamin D. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 15 Juli 2021 | 11:45 WIB

SariAgri -  Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, para ahli menyarankan agar mendapatkan vitamin D yang cukup. Apakah itu dari sinar matahari, mengonsumsi vitamin, atau makanan.

Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan, tubuh hanya perlu terpapar sinar matahari setidaknya berjemur selama 5 menit-15 menit, 2-3 kali seminggu. Selain itu, berjemur direkomendasikan pada pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Lantas selain sinar matahari, ada beberapa makanan yang juga mengandung sumber vitamin D.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden memiliki kandungan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Ikan salmon merupakan salah satu jenis yang memiliki kandungan satuan internasional (SI) vitamin D sebanyak 988 per 100 gram.

2. Hati sapi

Baca Juga: Selain Berjemur, Berikut 3 Makanan yang Mengandung Vitamin D
Banyak Diburu hingga Langka, 5 Makanan Ini Mengandung Vitamin D Tinggi

Setiap 3,5 ons hati sapi mengandung 50 SI vitamin D. Konsumsi makanan ini bisa menjadi sumber vitamin D. Namun, kamu sebaiknya tidak berlebihan saat menyantapnya karena bisa menyebabkan kolesterol.

3. Kuning telur

Kuning telur ini bisa menjadi sumber vitamin D. Satu butir kuning telur mengandung 37 SI vitamin D setara dengan 5 persen dari kebutuhan harian. Namun, kadar vitaminnya bisa saja 3-4 kali lebih tinggi kalau ayam penghasil telur itu sering berkeliaran di bawah sinar matahari.