Meski Nikmatnya Tiada Tara, Ini Bahaya di Balik Makanan Berminyak

Ilustrasi makanan berminyak. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 15 Juli 2021 | 11:00 WIB

SariAgri - Tiada hari tanpa gorengan, mungkin pepatah itu yang pas ditujukan bagi masyarakat Indonesia yang masih sering mengonsumsi makanan bergoreng. 

Mengonsumsi gorengan memang sangat memanjakan lidah, rasanya yang gurih dan renyah sering menjadikannya sebagai makanan sehari-hari. Mau dijadikan camilan atau lauk, gorengan tetap mengunggah selera bagi penikmatnya.

Namun tahukah Sobat Agri, di balik kelezatannya, mengonsumsi gorengan secara berlebihan ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi gorengan bagi tubuh manusia.

1. Penyakit hati

Sering mengonsumsi makanan yang digoreng ternyata bisa menimbulkan penyakit kronis, salah satunya adalah penyakit hati. Kadar lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol yang tinggi pada makanan yang digoreng dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati. Hal ini akan berdampak pada penyakit hati seperti hepatitis dan kerusakan hati.

2. Kelebihan berat badan

Makanan yang digoreng tentu mengandung lemak yang tidak sedikit. Maka semakin kamu sering mengonsumsi gorengan, maka akan semakin tinggi pula resiko kamu mengalami kelebihan berat badan.

3. Penyakit jantung

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi gorengan bisa mengakibatkan obesitas. Jika sudah obesitas, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan, lemak dari minyak goreng dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke.

4. Penyakit diabetes tipe 2

Selain menambah berat badan, lemak yang terdapat dalam gorengan juga bisa menimbulkan risiko diabetes tipe 2. Penyakit ini bukan hanya diderita oleh yang tua melainkan anak-anak dan juga ibu hamil. Tentu ini sangat berbahaya, oleh karena itu sebaiknya kurangi penggunaan minyak goreng dan makanan gorengan dalam sehari-hari.

Baca Juga: Meski Nikmatnya Tiada Tara, Ini Bahaya di Balik Makanan Berminyak
Kenapa Gorengan Pakai Minyak Berulang Rasanya Lebih Enak? Ini Jawabannya

5. Penyakit kanker

Masak dengan menggunakan minyak tentu membutuhkan suhu yang panas. Cara memasak yang salah dan penggunaan minyak yang berulang bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan menggoreng makanan dengan minyak dan suhu yang tinggi, dapat membentuk zat akrilamida. Zat ini berbahaya bagi tubuh sebab bisa meningkatkan risiko penyakit serius, seperti kanker.

Itulah 5 bahaya mengonsumsi gorengan secara berlebihan. Meski sulit, namun ada baiknya kita memulai hidup sehat dengan mengurangi konsumsi gorengan di kehidupan sehari-hari. Dengan pola hidup dan makanan yang sehat, tentu akan menghasilkan tubuh yang sehat juga.