8 Manfaat Bir untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengurangi Stres

Ilustrasi bir (Foto;Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Rabu, 9 Juni 2021 | 14:00 WIB

SariAgri -  Bir merupakan salah satu minuan beralkohol yang sering dianggap negatif karena memabukkan. Faktnya, bir tidak sepenuhnya membawa dampak negatif bagi tubuh jika dikonsumsi sewajarnya.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa ada khasiat dan manfaat minum bir bagi kesehatan tubuh. Nah, Sobat Agri ingin tahu apa saja manfaat bir?

Berikut 8 manfaat bir untuk kesehatan, seperti dikutip dari piedmont.

1. Punya Banyak Nutrisi

Menurut Jurnal of Agriculture and Food Chemistry, bir memiliki kandungan antioksidan tinggi dibanding minuman alkohol lainnya. Secara spesifik kandungan antioksidannya berbeda karena flavonoid dalam jelai dan hop berbeda dari anggur.

Selain itu, bir juga mengandung protein dan vitamin B di dalamnya. Bahkan bir juga memiliki banyak kandungan zat besi, kalsium fosfat, hingga serat yang diperlukan tubuh.

2. Membantu Melindungi Jantung

Sebuah studi menunjukan bahwa minum bir dapat memperkecil risiko untuk menderita serangan jantung, stroke, atau penyakit jantung.

Faktanya, sebuah junral dari New England Journal of Medicince mengungkapkan mengonsumsi bir memiliki keterkaitan dengan tingkat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minuman beralkohol lainnya.

3. Mencegah Batu Ginjal

Minum bir dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, pria dan wanita yang melaporkan minum bir dalam jumlah cukup dapat  mengurangi risiko terkena batu ginjal sebesar 41 persen, seperti dikutip dari Clinical Journal of the American Society of Nephrology.



4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Serat larut dalam bir dapat membantu mengurangi LDL atau kolesterol 'jahat'. Meningkatkan asupan serat larut memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol darah yang sehat. Dikutip dari American Heart Association: Circulation.

Namun, karena alkohol mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral, alkohol juga dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk membakar lemak yang tersimpan.

5. Memperkuat Tulang

Menurut National Institutes of Health, bir memiliki kandungan silikon tinggi sehingga dapat membantu membangun tulang lebih kuat.

Diet silikon dalam bentuk larut asam orthosilic (OSA) mungkin penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan jaringan ikat dan membantu mengurangi risiko osteoporosis, penyakit penipisan tulang.

6. Membantu Mengurangi Stres

Para peneliti menemukan bahwa dua gelas bir sehari dapat mengurangi stres atau kecemasan terkait pekerjaan. Namun, secara rutin beralih ke alkohol untuk membantu mengatasi stres mungkin lebih berbahaya.

Laporan American Journal of Psychiatry mengatakan meskipun alkohol dapat membantu mengurangi stres saat ini, dalam jangka panjang alkohol dapat berkontribusi pada perasaan depresi dan kecemasan, membuat stres lebih sulit untuk diatasi.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah laporan dari Journal of Agriculture and Food Chemistry membuktikan bahwa kandungan hop dalam bir memiliki bahan rahasia yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif yakni xanthohumol.  Bahan kimia tersebut dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif yang terkait dengan demensia.

8. Membantu Fungsi Kognitif

Baca Juga: 8 Manfaat Bir untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengurangi Stres
Gara-gara Doyan, Bule Ini Sukses Jualan Tempe, Netizen: Salut



American Journal of Epidemiology mengungkapkan bahwa peningkatan konsumsi alkohol dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik.

Hasil penelitian ini tidak menyarankan untuk mendorong peningkatan konsumsi alkohol, namun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang terbukti meningkatkan fungsi kognitif.

Video Terkait