Takut Makan Jeroan ‘Ati Ampela’? Cek Dulu Faktanya Berikut Ini

Ilustrasi - Hidangan masakan hati ayam (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 6 Juni 2021 | 09:00 WIB

SariAgri - Jeroan ayam seperti hati dan ampela merupakan jenis makanan yang cukup digemari. Makanan yang sering disingkat ‘ati-ampela’ mudah ditemui di warung makan mulai dari warteg dan warung makan lainnya hingga penjual bubur ayam.

Jeroan seringkali dikaitkan dengan kolesterol tinggi sehingga meski rasanya lezat banyak yang tidak mau mengonsumsinya dengan alasan kesehatan. Bagaimana sebenarnya kandungan nutrisi dan dampak jeroan bagi kesehatan?

Dikutip Healthline, hati ayam mengandung nutrisi seperti protein, seng, tembaga, zat besi dan vitamin B dalam jumlah cukup setiap porsinya. Hati ayam kaya vitamin B12, mikronutrien penting yang terlibat dalam sintesis DNA, pembentukan sel darah merah dan kesehatan saraf.

Kandungan seng di dalamnya sangat diperlukan untuk pertumbuhan sel, penyembuhan luka dan manajemen gula darah. Selain itu juga dapat meningkatkan asupan riboflavin, vitamin B yang larut dalam air untuk pertumbuhan, perkembangan dan metabolisme energi.

Sumber protein

Protein diperlukan untuk kesehatan tubuh, seperti membentuk dan menjaga massa otot, kekebalan tubuh, dan pertumbuhan. Hati ayam merupakan sumber protein yang baik. Dalam 100 gr hati ayam mengandung 26 gram protein.

Kaya zat besi

Hati ayam juga tinggi kandungan zat besi. Satu porsi hati ayam (100 gram) dapat secara signifikan meningkatkan asupan zat besi. Zat besi tidak hanya penting untuk transportasi oksigen dan sintesis DNA tetapi juga produksi sel darah merah yang sehat.

Baca Juga: Takut Makan Jeroan ‘Ati Ampela’? Cek Dulu Faktanya Berikut Ini
Suka Makan Papeda? Harus Tahu 9 Fakta di Balik Bubur Sagu Khas dari Timur

Mengurangi limbah makanan

Hati ayam bisa menjadi makanan tambahan berkelanjutan, terjangkau dan ramah lingkungan. Mengonsumsi hati ayam termasuk salah satu cara ikut berpartisipasi mengurangi limbah makanan dari hewan dan meminimalkan dampak lingkungan.

Dampak kesehatan

Hati ayam bisa menjadi makanan tambahan yang sehat dan bergizi untuk sebagian orang dewasa yang sehat, namun bagi penderita asam urat perlu membatasinya. Hati ayam tinggi purin, senyawa yang ditemukan secara alami di banyak makanan, termasuk jeroan. Ketika tubuh memecah purin akan meningkatkan kadar asam urat yang dapat menumpuk di persendian. 

Video terkait:

Video Terkait