Ramai Campuran Selada, Teh dan Air Panas Bisa Atasi Insomnia, Apa Benar?

Campuran Selada dan Air panas (TikTok @shepla_11)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Rabu, 2 Juni 2021 | 17:20 WIB

SariAgri - Sebagian orang mengalami kesulitan tidur atau menderita insomnia saat di malam hari. Ini umumnya terjadi pada seseorang yang mengalami depresi, gelisah, penyakit kronis atau mengidap obat-obatan tertentu.

Jika tidak diobati dengan baik, penderita insomnia biasanya akan merasa lelah keesokan harinya. Selain itu, kesulitan tidur yang terlalu sering akan berdampak negatif pada kesehatan.

Nah, bicara soal insomnia, mungkin video TikTok yang tengah heboh beberapa waktu lalu bisa menjadi alternatif baru untuk Sobat Agri yang merasa sulit tidur.

Video tersebut diunggah melalui akun @shapla_11, dimana sang kreator menunjukan cara mengatasi insomnia dengan membuat campuran air panas, selada dan kantong teh peppermint.

Tetapi, pemilik akun TikTok tersebut menyarankan untuk menghindari peppermint karena justru membuat tubuh tetap terbangun. Jika mau, kamu bisa mencampur teh chamomile, tetapi jika tidak ada hanya, selada romaine dan air panas juga bisa digunakan.

Ternyata campuran ini berhasil bagi kamu yang sedang berjuang melawan insomnia, seperti dikutip dari Says.

Lantas, mengapa ramuan tersebut berhasil? selada, terutama selada romaine mengandung lactucarium yang memiliki efek menenangkan dan membantu tubuh rileks.

Selada romaine dikatakan memiliki kandungan laktusin yang lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya. Sebuah studi menunjukan bahwa laktusin meerupakan zat yang memiliki sifat analgesik dan obat penenang.

Baca Juga: Ramai Campuran Selada, Teh dan Air Panas Bisa Atasi Insomnia, Apa Benar?
Mana yang Lebih Bermanfaat Bagi Kesehatan, Teh atau Kopi?

Menurut The Guardian, mengonsumsi salad dengan selada juga memberikan efek yang sama. Namun, beberapa orang memilih untuk meminumnya seperti teh untuk mendapatkan hasil terbaik.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah merendam daun selada romaine ke dalam secangkir air panas selama 10 menit. Tambahkan sedikit madu jika mau. Efek dari ramuan ini akan terasa dalam waktu 30 menit sampai 1 jam.

Video Terkait