Gibran Janji Akan Hidupkan Kembali Pusat Kuliner Solo

Sidak pasar yang dipimpin oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (ANTARA)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 19 Mei 2021 | 10:15 WIB

SariAgri -  Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, berjanji akan memperbaiki wajah pusat kuliner di tengah Kota Solo Galabo (Gladag Langen Bogan Solo). Pasalnya, Galabo merupakan rujukan wisata kuliner di kota Bengawan tersebut.

Meski diperbaiki, Gibran mengaku tidak akan merubah konsep awal Galabo. "Dulunya sini jalan di tutup total. Pengin mengembalikan ke konsep awal tapi tanpa meninggalkan konsep yang sudah ada (shelter baru Galabo yang berada di parkiran)," jelasnya Selasa (18/5/2021).

Gibran juga menyatakan sudah meninjau kondisi terkini pusar kuliner Galabo. Termasuk menerima keluhan dari beberapa pedagang. Seperti sepinya pengunjung dan rusaknya beberapa fasilitas di Galabo.

"Pedagang mengeluh sepinya kondisi Galabo. Kita pingin ngeramein tempat ini lagi dan kalau bisa malem, kegiatan ekonominya bisa seperti dulu lagi. Ini mau kita ramein lagi," ungkap Gibran.

Bahkan Gibran juga sempat berkeliling lokasi Galabo untuk melihat kondisinya dari dekat. Ada beberapa fasilitas yang tidak memadai seperti wastafel yang rusak.

"Kalau saya lihat tadi beberapa kios sepi, wastafel rusak. Nanti kita perbaiki," paparnya.

Untuk diketahui, Galabo yang tepatnya di kawasan Gladag ini awalnya merupakan pusat kuliner yang buka di malam hari karena menempati ruas jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon Solo yang ditutup ketika malam tiba.

Baca Juga: Gibran Janji Akan Hidupkan Kembali Pusat Kuliner Solo
Ketupat Unik, Netizen: Tak Tega Membelahnya

Jika pagi hari hingga sore, berbagai kendaraan lalu lalang di jalan ini. Baru menjelang Maghrib jalan ini akan ditutup. Ruas jalan ini kemudian diubah menjadi pusat kuliner.

Namun saat ini Galabo yang awal buka di tahun 2008 lalu kini menempati kios yang dibangun Pemkot Solo yang berada di depan Pusat Grosir Solo (PGS) di dekat lokasi parkir.