Ini Sayuran Murah yang Bisa Cegah Kanker dan Jantung

Ilustrasi buah dan sayuran. (pixabay)

Editor: M Kautsar - Selasa, 18 Mei 2021 | 19:10 WIB

SariAgri - Kecambah atau yang lebih dikenal dengan nama toge, adalah salah satu jenis sayur-sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kita sering menemukan toge pada masakan pecel, gado-gado, soto ataupun lalapan.

Sayuran yang sering dikaitkan dengan kesuburan pria ini, berasal dari biji kacang hijau yang sengaja dibiarkan tumbuh menjadi kecambah. Memang tidak salah jika kecambah memiliki manfaat untuk kesuburan.

Hal ini dikarenakan didalam kecambah mengandung vitamin E, terutama vitamin E-alpha yang membantu meningkatkan kualitas sel sperma pria dan membantu meningkatkan produksi sel telur. 

Namun manfaat kecambah tidak itu saja, ada manfaat lain yang tak kalah luar biasanya dari sayuran ini. Berikut manfaat kecambah yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah sel kanker

Kecambah adalah sayuran yang mengandung antioksidan yang tinggi. Bahkan, jumlah antioksidannya bisa enam kali lebih besar dibandingkan dengan kacang hijau. Antioksidan sangat berperan penting dalam melindungi sel dari serangan radikal bebas.

Selain itu, kecambah juga mengandung banyak unsur phytochemicals yang bermanfaat. Salah satunya adalah kanavanin, yaitu sejenis asam amino yang diduga bisa melumpuhkan sumber kanker leukemia, usus besar, dan pankreas.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Dalam 104 gr kecambah, mengandung 5 persen zat besi dari kebutuhan harian. Zat besi yang terkandung dalam kecambah sangat membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah.

Sayuran ini juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Keduanya merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung. Oleh karena itu mengonsumsi kecambah dianggap dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Membantu menurunkan gula darah

Kecambah mengandung serat yang baik bagi tubuh. Fungsi serat berperan guna memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah dan menurunkan kadarnya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain menurunkan gula darah, kandungan serat pada kecambah juga baik untuk menurunkan berat badan.

Hal ini karena serat pada kecambah bisa menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan pun bisa berkurang.

Tak hanya itu saja, kecambah juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Protein merupakan komponen penting dalam proses penurunan berat badan, karena bisa membantu menekan nafsu makan sehingga menurunkan asupan kalori harian.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti yang kita tahu, serat sangat dibutuhkan karena perannya sangat penting untuk kelancaran sistem pencernaan. Konsumsi serat yang cukup Serat juga bisa bantu meredakan gejala diare dan konstipasi.

6. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan yang tinggi pada kecambah membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan sangat berperan dalam menangkal efek radikal bebas yang membuat kulit menjadi kusam dan keriput. Vitamin E di dalamnya juga akan membantu kulit terlihat lebih kenyal dan sehat.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Jika kamu memiliki luka, ada baiknya kamu mengkonsumsi kecambah. Kecambah terkenal dengan kandungan vitamin K yang dimilikinya. Vitamin K sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan luka.

Selain itu, kecambah juga mengandung vitamin C tinggi yang diperlukan untuk memproduksi kolagen. Kolagen sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan di pembuluh darah, jaringan, sel, dan otot.

8. Mencegah bayi cacat lahir

Kecambah mengandung asam folat yang cukup tinggi. Senyawa ini sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, karena bisa membantu menurunkan risiko bayi lahir dalam kondisi cacat. Namun meski begitu, ibu hamil haris waspada dalam mengonsumsi kecambah. Hindari mengkonsumsi kecambah mentah, pastikan kecambah dimasak hingga matang untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri.

9. Mengatasi susah tidur

Jika kamu mengalami masalah susah tidur, tidak ada salahnya jika kamu mengkonsumsi kecambah. Kecambah mengandung vitamin C, zinc, dan magnesium, yang mana ketiga komponen ini bermanfaat untuk menyeimbangkan suasana hati, meredakan kecemasan, dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.