Geger! Beredar Telur Ayam Diduga Palsu, Warga Kediri Resah

Telur diduga palsu di Kediri. (Sariagri/Arief Lukman)

Editor: Dera - Senin, 17 Mei 2021 | 19:10 WIB

SariAgri - Warga Kota Kediri Jawa Timur, resah dengan beredarnya telur yang diduga palsu. Telur tersebut gampang sekali membeku saat disimpan di lemari es. Tak hanya itu, cangkang telur menjadi sangat keras dan sulit dipecah meski telah berulang kali dibenturkan ke benda keras.

Keresahan ini dialami, Linda Agustini, salah seorang ibu rumah tangga asal Lingkungan Ngadisimo, RT 3, RW 9, Ngadisimo, Kediri. Linda mengatakan dirinya mendapatkan telur tersebut dari pedagang kaki lima sebelum lebaran lalu.

Telur dengan berat satu kilogram tersebut mudah membeku saat berada di lemari pendingan. Bahkan ketika akan digoreng, cangkangnya sulit dipecahkan. Harus menunggu beberapa saat didiamkan baru bisa dipecah. Namun hasilnya saat dibuka putih dan kuning telur justru bercampur seperti mencair.

“Saya kaget begitu mendapati telur ini dari pedagang kaki lima membeku setelah dikeluarkan dari lemari pendingin. Selain cangkang telur keras sulit pecah, putih dan kuning telur juga mencair dan bercampur tidak seperti telor pada umumnya, “ terang Linda Kepada Sariagri, Senin (17/5).

Telur diduga palsu beredar di Kediri. (Sariagri/Arief Lukman)
Telur diduga palsu beredar di Kediri. (Sariagri/Arief Lukman)

Linda menambahkan, telur yang diduga palsu itu banyak yang retak ketika didalam lemari pendingan dan mengeluarkan cairan bening kuning keras seperti lem. Bahkan kulit ari telur juga kenyal saat ditarik, tidak seperti kulit ari telur umumnya.

Melihat hal itu, Linda mengurungkan niat untuk mengorengnya, karena khawatir telur tersebut bermasalah terhadap kesehatan saat dikonsumsi. Pasalnya banyak tersiar kabar melalui media sosial terkait beredarnya telur palsu di beberapa daerah.

“Jelas resah. Telur ini biasa saya konsumsi bersama cucu. Terutama ini saat lebaran, semua berkumpul. Tapi urung saya masak karena khawatir bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Hati-hati bagi warga jangan asal masak kalau menemukan telur seperti ini," kata dia.

Baca Juga: Geger! Beredar Telur Ayam Diduga Palsu, Warga Kediri Resah
Menilik Manfaat Telur yang Penuh Kontroversi

Meski dirinya tidak berniat melaporkan temuan ini ke polisi, Linda berharap pihak berwajib proaktif menangani peredaran telur yang diduga palsu dan meresahkan warga.

“Sebagian telur ini tetap saya simpan. Barangkali ada pihak terkait yang datang untuk melakukan penelitian pembuktian telur ini palsu atau tidak. Biar kami yang biasa mengonsumsi telur tidak lagi resah, “ pungkasnya.

Video Terkait