Pasar Mitra Tani Permudah Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pangan Pasca Lebaran

Suasana masyarakat dan pengemudi ojek online yang tengah berbelanja bahan pokok di Toko Mitra Tani Pusat di TTIC, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dengan tetap menerapkan jaga jarak (physical distancing). (Kementerian Pertanian)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 17 Mei 2021 | 14:00 WIB

SariAgri - Pasar Mitra Tani (PMT) Kementerian Pertanian memperpanjang layanan belanja online dengan free ongkir hingga akhir Mei 2021. Hal ini untuk memberikan kemudahan dan keringanan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pasca lebaran.

"Pasca lebaran biasanya pasar tidak langsung normal, pasokan bahan pangan dari produsen atau petani ke pasar belum normal termasuk juga harganya belum stabil," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementan, Risfaheri, Senin (17/5/2021).

Layanan promo free ongkir ini, lanjut Risfaheri, sangat memudahkan aksesibilitas masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan bahan pangan sehari-hari, terlebih di masa pandemi COVID-19.

Promo layanan free ongkir ini bekerja sama dengan aplikasi pengantaran Grabmart untuk pembelian via online hingga 31 Mei 2021 sebagai bentuk respon antusiasme masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan panga selama bulan puasa dan pasca lebaran.

"Kami tentu saja mensupport penuh layanan free ongkir ini, sebagai bagian dari kontribusi agar stabilitas pasokan dan harga pangan dapat terus terjaga," ujar Rizky dari perwakilan Grabmart.

Selain melalui Grabmart, masyarakat juga dapat menikmati layanan promo free ongkir melalui aplikasi marketplace PasTani. Layanan belanja online dengan free ongkir melalui aplikasi tersedia di PMT Pasar Minggu dan PMT Kelender di Jakarta, PMT Cimanggu Bogor dan PMT Depok.

Baca Juga: Pasar Mitra Tani Permudah Masyarakat Penuhi Kebutuhan Pangan Pasca Lebaran
Lumbung Pangan Jatim Bisa Online, Ibu-ibu: Besok Beli Pakai Handphone Saja

PasTani merupakan aplikasi layanan pengantaran daring yang dikelola PMT Kementan. Kehadiran PasTani menurut Kepala BKP Agung Hendriadi menjadi salah satu wujud adaptasi dan inovasi dalam menghadapi dinamika lingkungan dan perubahan interaksi masyarakat ke arah digitalisasi.

Sebelumnya, PMT Kementan memberikan promo layanan free ongkir Grabmart dan PasTani dari tanggal 17 April-11 Mei 2021. Antusiasme masyarakat menggunakan layanan ini nampak dari peningkatan pemesanan online yang mencapai 25 persen dari sebelum layanan promo free ongkir ini diluncurkan.