Rutin Minum Teh Hangat Bisa Cegah dan Sembuhkan COVID-19? Begini Faktanya

Hortikultura - Ilustrasi Minum Teh Panas (Unsplash)

Editor: Reza P - Jumat, 14 Mei 2021 | 14:40 WIB

SariAgri - Di antara beberapa kiat kesehatan yang beredar di media sosial untuk pencegahan dan penyembuhan COVID-19, salah satunya mengenai konsumsi rutin teh. Benarkah teh bisa bantu mencegah COVID-19?

"Sama sekali tidak ada dasar untuk ini. Teh tidak dapat mencegah COVID-19. Harap jangan salah paham kalau kamu minum teh, kamu dengan cara apapun dilindungi atau dilindungi dari COVID-19, tidak ada jaminan," kata Direktur bagian pulmonologi di Fortis Hospital, Shalimar Bagh, Dr. Vikas Maurya seperti dikutip dari Indian Express.

Penerapan protokol kesehatan termasuk mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan rutin, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan lalu ditambah mendapatkan vaksin, menjadi cara yang tepat mencegah tertular COVID-19.

Di sisi lain, meminum teh bukannya tanpa manfaat. Minuman ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Teh jahe misalnya, membantu meredakan berbagai macam nyeri tubuh.

Selain soal, ada juga pendapat yang mengatakan minum atau berkumur hingga mandi dengan air hangat bisa mengenyahkan risiko kamu terkena COVID-19.

Baca Juga: Rutin Minum Teh Hangat Bisa Cegah dan Sembuhkan COVID-19? Begini Faktanya
Waspada! Bahaya Mengintai di Balik Nikmatnya Kue-kue Cantik Lebaran

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suhu tubuh kamu tetap sekitar 36,5-37 derajat Celcius terlepas dari suhu air mandi atau minuman kamu.

Minum atau berkumur dengan air hangat, bagaimanapun, dapat meredakan sakit tenggorokan. Pakar kesehatan merekomendasikan kamu minum dan berkumur dengan air hangat dengan menambahkan sejumput kunyit dan garam. kamu juga dapat mencoba menghirup uap jika hidung tersumbat.

Video Terkait