Ringankan Warga Sambut Lebaran, Pemkot Semarang Gelar Festival UMKM

Bazar UMKM. (SariAgri/Aji Dewanto)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 11 Mei 2021 | 15:40 WIB

SariAgri -  Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat khususnya warga tidak mampu, Pemkot Semarang melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggelar Festival UMKM dan Bazar Ramadhan, Selasa (11/5/2021).

Festival yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Tugu Kota Semarang ini dibuka langsung Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Menurut Hendi-panggilan akrab Wali Kota Semarang- kegiatan Festival UMKM dan Bazar Ramadhan ini selain untuk meringankan warga menyambut lebaran, juga sebagai ajang UMKM untuk mempromosikan produknya.

"Selain untuk meringankan warga menyambut lebaran di rumah, kegiatan Festival UMKM ini juga untuk memberikan tempat bagi UMKM dalam mempromosikan produknya," ujar Hendi.

Lebih jauh Hendi mengatakan, Festival UMKM dan Bazar Ramadhan ini pihaknya menyediakan 400 paket sembako dengan harga subsidi.

"Harga per paketnya seharusnya Rp 100 ribu, tapi dalam kegiatan ini hanya membayar Rp 50 ribu saja per paketnya," ujarnya.

Selain itu, Pemkot Semarang juga membagikan 400 paket sembako gratis bagi warga tidak mampu yang ada di sekitar Kecamatan Tugu.

"Untuk pembagian sembako gratis, panitia telah mengatur setengah jam sekali satu kelurahan dengan alokasi 40 orang, hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan," pungkas Hendi.

Dalam kesempatan yang sama, Dinas Perikanan Kota Semarang juga menggelar Pasar Murah di Balai Benih Ikan Mijen Kota Semarang sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat sekitar.

"Pasar Murah ini meliputi pembagian kupon sembako murah, penjualan sembako murah dan penjualan ikan segar murah," ujar Kepala Dinas Perikanan, Nur Kholis.

Baca Juga: Ringankan Warga Sambut Lebaran, Pemkot Semarang Gelar Festival UMKM
Bulan Puasa Saatnya Penjual Kelapa Muda Mengumpulkan Cuan

Sistem pembelian menggunakan kupon yang telah dibagikan sebelumnya. Kupon dapat ditukar dengan tebus murah Rp20 ribu/paket sembako yang berisi minyak 1 liter, gula 1 kilogram dan beras 1 kilogram.

"Kupon yang dibagikan sebanyak 250 kupon. Acara ini hasil kerja bareng Bank Jateng, Dinas Pertanian dan UMKM binaan Dinas Perikanan Kota Semarang," pungkas Nur Kholis.

Video Terkait