Jelang Lebaran, Barang Kondisi Rusak Banyak Ditemukan di Daerah Ini

Beragam temuan barang kadaluarsa ditemukan jelang lebaran. (SariAgri/Rizki)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 10 Mei 2021 | 08:00 WIB

SariAgri -  Jelang lebaran, petugas gabungan dari dinas Kesehatan, Satpol pp dan dinas perindustrian dan koperasi Gunungkidul gencar menggelar razia ke sejumlah toko dan swalayan yang berada di kawasan kecamatan Karangmojo Semin Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam sidak ini petugas menemukan adanya barang kadaluarsa, kemasan rusak hingga kaleng makanan yang berkarat yang masih di jual di toko swalayan.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawati mengatakan, razia dilakukan dengan menyasar sejumlah toko secara acak yang dilakukan di dua kecamatan yakni Karangmojo dan juga Kecamatan Semin.

"Metode acak dilakukan agar kita dapat melihat secara langsung sampel makanan yang saat ini tengah beredar," kata Dewi Irawati.

Dewi Irawati menjelaskan, sidak ini sengaja digelar dengan tujuan untuk memastikan bahwa barang-barang yang beredar di pasaran dalam kondisi aman dan tidak membahayakan bagi keselamatan warga, terutama yang akan tengah merayakan lebaran di rumah.

"Tentunya kami akan terus melakukan razia seperti ini secara acak dan terukur hingga lebaran nanti," terangnya.

Dari hasil razia yang dilakukan, Dewi Irawati mengungkapkan, bahwa petugas masih saja menemui adanya pedagang yang nakal , yang menjual barang kadaluarsa di pasaran.

"Selain barang kadaluarsa, kita juga menemukan adanya kemasan yang rusak dan juga kaleng makanan yang sudah berkarat," ungkapnya.

Adanya temuan ini, petugas langsung memberi sangsi teguran kepada para pedagang dan akan dilakukan pembinaan secara berskala untuk selanjutnya tidak mengulangi perbuatannya kembali.

"Kita sudah memberikan sanksi teguran lisan dan juga diberikan pembinaan kepada para pedagang yang ada, selain itu barang yang kadaluarsa diminta untuk segera ditarik" Ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Barang Kondisi Rusak Banyak Ditemukan di Daerah Ini
Parsel di Swalayan Probolinggo Ditemukan Makanan Kedaluarsa Dijual Bebas

Salah seorang pedagang, Siti rahmawati mengaku seiring masa pemulihan ekonomi di masa pandemic, dengan penerapan protokol kesehatan ketat, aktivitas ekonomi mulai dirasakan kembali bangkit.

"Alhamdulillah saat ini sudah ada perubahan, barang yang dijual mulai banyak yang laku " ungkapnya.

Disinggung mengenai adanya barang kadaluarsa di tokonya, Siti Rahmawati mengungkapkan bahwa barang yang ada merupakan barang yang tidak laku di pasaran dan terjadi kelalaian dari para pegawai sehingga belum sempat di kembalikan ke pabrik," tutupnya.

Video Terkait