Memahami Perbedaan Kopi Cappucino, Latte dan Macchiato

Ilustrasi kopi latte. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 5 Mei 2021 | 15:50 WIB

SariAgri - Bagi sebagian besar penikmat kopi, minum secangkir kopi Cappuccino, Latte dan Macchiato tentu bukan hal baru. Ketiga jenis sajian minuman berbasis kopi ini dengan mudah ditemukan di kafe-kafe dan gerai kopi modern. Tapi tidak semua tau bagaimana perbedaan dan persamaan ketiganya termasuk kandungan gizi di dalamnya.

Buat kamu yang ingin tahu perbedaan kopi Cappucino, Latte atau Macchiato, berikut Sari Agri rangkumkan karakteristik ketiganya seperti dikutip Healthline.

Cappuccino

Cappucino adalah minuman kopi populer yang dibuat dengan menambahkan espresso dengan susu kukus dan busa susu. Biasanya, cappucino mengandung bahan dengan bagian sama yang terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu kukus dan 1/3 susu berbusa. Campuran yang unik dari bahan-bahan tersebut memberi produk akhir rasa dan tekstur yang lembut, kaya rasa dan halus.

Latte

Istilah "kafe latte" secara harfiah diterjemahkan menjadi "kopi susu". Meskipun tidak ada resep standar untuk membuat latte, umumnya kopi latte dibuat dengan menambahkanan susu kukus dalam satu gelas kopi espresso.

Dalam beberapa sajian, kopi latte juga ditambahkan dengan lapisan busa susu ringan di atasnya, kemudian ditambahkan gula atau pemanis lainnya. Dibandingkan dengan minuman lain, latte memiliki rasa yang lebih lembut dan sedikit manis karena mengandung lebih banyak susu kukus.

Macchiato

Secara tradisional, macchiato dibuat dengan menggabungkan secangkir espresso dengan sedikit susu. Namun, sajian macchiato variasi lain, termasuk latte macchiato bisa dibuat dengan menambahkan segelas espresso ke dalam segelas susu panas. Karena macchiato biasanya dibuat hanya dengan sedikit susu akan memiliki rasa kopi yang jauh lebih kuat dibandingkan minuman kopi lainnya.

Kandungan kafein

Ketiga minuman tersebut mengandung jumlah kafein yang sama per porsi. Cappucino dan latte, misalnya, masing-masing dibuat dengan segelas espresso sehingga mengandung jumlah kafein yang sama.

Cappuccino berukuran sedang 16 ons (475 ml) dan sedang 16 ons (475 ml) latte masing-masing mengandung sekitar 173 mg kafein. Sementara itu, macchiato 2 ons (60 ml) memiliki kafein sekitar setengah lebih banyak, yaitu 85 mg per porsi.

Baca Juga: Memahami Perbedaan Kopi Cappucino, Latte dan Macchiato
Terungkap, Kebiasaan Minum Kopi Ternyata Dipengaruhi oleh Faktor Genetika

Nilai gizi

Cappuccino, macchiato dan latte mengandung susu dan busa dalam jumlah yang bervariasi, sehingga mengubah sedikit profil nutrisinya. Kandungan nutrisinya lebih jauh dipengaruhi oleh jenis susu yang digunakan, serta jika ada gula atau pemanis yang ditambahkan.

Latte mengandung susu paling banyak dan kalori, lemak dan protein tertinggi. Cappuccino mengandung sedikit lebih sedikit susu, tetapi tetap memberikan jumlah kalori, protein dan lemak yang baik di setiap sajian. Di sisi lain, macchiato hanya mengandung sedikit susu dan secara signifikan lebih rendah kalori, lemak, dan protein.