Cocok Dikonsumsi Saat Sahur, Ini 8 Makanan Penambah Energi

Ilustrasi cokelat hitam. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 5 Mei 2021 | 13:00 WIB

SariAgri -  Sahur merupakan waktu yang sangat penting selama Ramadan, karena waktu sahur kita memberikan asupan tubuh agar tetap berenergi selama menjalani puasa.

Menurut para ahli diet dan ahli nutrisi, makanan yang kaya kabrohidrat dan protein kompleks adalah piiihan terbaik untuk tetap berenergi sepanjang hari.

Tujuannya adalah untuk menjaga gula darah tetap stabil dan penurunan drastis yang akan membuat tubuh merasa lapar dan lesu. Nah, Sobat Agri ingin tahu makanan apa saja untuk menambah energi?

Ini 8 makanan penambah energi untuk sepanjang hari. Dikutip dari Eat This, Not That.

1. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani memiliki kandungan kalsium dalam memperkuat tulang. Kandungan ini sangat penting bagi mereka yang mungkin tidak mendapatkan cukup kalsium di siang hari atau bagi mereka yang berisiko osteoporosis. Selain itu, setiap 170 gram yogurt Yunani mengandung 18 gram protein penting untuk energi.

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan kakao sekitar 75 persen. Cokelat jenis ini menngandung flavonol yang tinggi. Kandungan ini sangat baik sebagai dorongan energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari.

3. Telur

Telur merupakan pilihan utama sebagai makanan penambah energi. Konsumsi telur rebus sebagai camilan untuk mendapatkan energi yang tahan lama.

4. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan serat dan lemak sehat. Kedua kandungan ini dicerna lebi lambat dari karbohidrat sederhana dan memberikan energi yang lebih berkelanjutan.

5. Ubi Jalar

Ubi Jalar mengandi serat dan karbohidrat komplek untuk memberikan energi tahan lama pada tubuh. Bahkan, ubi juga mengandung vitamin A dam C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Melon

Melon memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 90 persen. Kandungan ini akan membantu kamu untuk tetap terhidrasi dan merasa berenergi.Baca Juga: Cocok Dikonsumsi Saat Sahur, Ini 8 Makanan Penambah Energi
Anti Ribet, Cobain Nih 5 Menu Sahur Yahud



7. Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu pilihan makanan jika kamu kehabisan energi. Beras ini mengandung dengan mangan dan mineral yang membantu tubuh menghasilkan energi.

8. Pisang

Pisang sangat bagus dikonsumsi untuk peningkatan energi. Pisang mengandung tiga jenis gula seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa yang diserap ke darah dengan kecepatan berbeda. Artinya, kamu akan mendapatkan dorongan energi dan tidak mengalami penurunan karena sukrosa akan menjaga tingkat darah.

Video Terkait