Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Manfaat Buah Kurma Berdasarkan Jenisnya

Ilustrasi Beragam Jenis Kurma dan Manfaatnya (Freepik)

Editor: Dera - Rabu, 28 April 2021 | 12:10 WIB

SariAgri - Kurma adalah buah yang kaya nutrisi yang mana di dalamnya terkandung banyak zat yang bergizi seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium dan zinc.

Tidak hanya itu saja, kurma juga memiliki kandungan vitamin thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A dan vitamin K. Semuanya itu sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Di dunia, kurma memiliki jenis yang beragam dan hanya belasan jenis kurma yang dapat dikonsumsi. Namun tahukah kamu, ternyata di setiap jenis kurma memiliki rasa, kandungan dan juga manfaat yang berbeda-beda. Berikut manfaat dari buah kurma berdasarkan jenisnya yang jarang diketahui.

1. Kurma Ajwa

Kurma ini diketahui mengandung manfaat yang luar biasa, seperti senyawa antiinflamasi dan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel dan radikal bebas. Selain itu, kurma ajwa juga bisa mengatasi masalah pencernaan, mencegah penyakit jantung, mencegah penyakit diabetes mellitus, menyehatkan otak dan tekanan darah. Manfaat yang besar ini jugalah yang membuat harganya lebih mahal daripada kurma jenis lain.

2. Kurma Muda

Ada banyak jenis kurma yang bisa dikonsumsi, salah satunya adalah kurma muda atau ada yang menyebutnya kurma ruthob. Kurma muda ini adalah buah pemberian Allah yang sangat istimewa, karena dipercaya bisa membantu kesuburan bagi wanita.

3. Kurma Safawi

Kandungan dari kurma safawi dipercaya bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan seperti, meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah sembelit dan gangguan pada usus, meningkatkan kesehatan jantung, mengatasi disfungsi seksual.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Manfaat Buah Kurma Berdasarkan Jenisnya
Selain Tingkatkan Imun, Yogurt Juga Baik Dikonsumsi Saat Sahur

4. Kurma Sukari

Salah satu kurma favorit yang dibeli banyak orang adalah kurma sukari. Kurma sukari memiliki manfaat menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh, mencegah sembelit, mengontrol tekanan darah dan kolesterol dalam darah.

5. Kurma Degleet Noor

Bagi sebagian orang, mungkin jenis kurma ini terdengar asing. Namun kurma jenis ini ternyata dikenal mengandung serat yang dinilai baik dibanding kurma lainnya. Serat sangat dibutuhkan manusia untuk meningkatkan kesehatan usus dan mencegah sembelit.