Catat! Ini 8 Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Hortikultura - Ilustrasi Kacang Polong (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Senin, 19 April 2021 | 15:50 WIB

SariAgri - Sobat Agri mungkin pernah mendengar istilah antioksidan yang sering digunakan dalam menu makanan sehat dan hal-hal baik untuk tubuh. Tapi, tahukah kamu apa arti antioksidan itu?

National Center for Complementary and Integrative Health menyampaikan bahwa antioksidan adalah bahan buatan manusia atau bahan alami yang dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel.

Secara alami, tubuh memiliki beberapa antioksidan untuk melawan radikal bebas. Namun, ada banyak makanan berupa sayuran, buah-buahan dan makanan alami lainnya yang memiliki sumber antioksidan yang tinggi. Nah, ingin tahu makanan apa saja makanan yang memiliki antioksidan tinggi?

Ini 8 makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens.

1. Artichoke

Artichoke memiliki kandungan vitamin C, folat dan serat, sehingga makanan ini termasuk makanan rendah kalori dan natrium.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan ekstrak artichoke memiliki kemampuan sangat tinggi sebesar 79,7 persen untuk menangkal radikal bebas.

2. Kacang Polong

Kacang kaya akan kandungan flavonoid, yakni zat tumbuhan yang bertindak sebagai pewarna alami dan memberi warna pada banyak buah dan sayuran. Kandungan ini bertindak sebagai antioksidan untuk memberi perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker tertentu.

3. Blackberry

Blackberry merupakan makanan antioksidan yang baik untuk dikonsumsi. Berry segar ini kaya akan vitamin C dan serat yang telah terbukti mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.



4. Blueberry

Blueberry merupakan makanan dengan kandungan antioksidan paling tinggi diantara buah dan sayuran lainnya. Buah ini memiliki bahan kimia sehat yang disebut antosianin. Bahan kimia ini memberi warna biru yang indah dan memberikan perlindungan terhadapt penyakit jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa blueberry memiliki efek baik dalam meningkatkan penglihatan pada malam hari dan mengurangi kadar glukosa darah.

5 Cranberry

Para peneliti menunjukan bahwa cranberry adalah makanan dengan antioksidan tinggi. Buah merah kecil ini juga mengandung fitronutrien lain yang penting untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker dan kondisi hilang ingatan.

6. Cokelat Hitam

Cokelat hitam merupakanan makanan dengan antioksidan tinggi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kakao yang diekstrak dari pohonya mengandung bahan kimia yang disebut flavanol. Bahan kimia ini dapat membantu melindungi jantung. Selain itu, polifenol kakao juga terbukti memiliki sifat anti inflamasi.

7. Kacang Kemiri

Kacang kemiri terkenal untuk melawan radikal bebas dan mengandung Vitamin E. Kandungan ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel.

Baca Juga: Catat! Ini 8 Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat



8. Kentang

Penelitan dari Potatoes Amerika menunjukan bahwa kentang mengandung fitokomia dengan potensi antioksidan terutama karotenoid dan antosianin.

Video Terkait