Hindari Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Berat Badan Naik Saat Ramadan

Ilustrasi Makanan Gorengan (pxhere)

Editor: Dera - Kamis, 15 April 2021 | 18:40 WIB

SariAgri - Menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh ketika berpuasa terkadang membuat sebagian orang kalap mengonsumsi makanan apapun ketika berbuka puasa. 

Kebiasaan itulah yang menyebabkan berat badan seseorang meningkat tajam. Oleh karena itu, kamu harus menghindari beberapa minuman dan makanan agar berat badanmu tetap stabil dan terhindar dari dehidrasi, seperti dilansir dari Egypt Today.

Minuman ringan

Minuman bersoda penuh dengan gula dan bahan-bahan berbahaya namun tidak memiliki manfaat sama sekali. Gantilah dengan jus alami.

Makanan asin

Makanan asin menyebabkan retensi air dan rasa haus, hindari mengonsumsinya saat sahur.

Makanan pedas

Makanan pedas harus dihindari selama Ramadan karena dapat menyebabkan masalah asam lambung dan mengganggu sistem pencernaan.

Makanan penutup

Salah satu alasan utama mengapa beberapa orang mengalami kenaikan berat badan di bulan Ramadan adalah karena mereka banyak makan makanan penutup setelah buka puasa.

Jika kamu makan makanan penutup secukupnya, kamu justru akan menurunkan berat badan di bulan Ramadan. Alternatif lainnya, ganti makanan penutup dengan buah-buahan yang juga penuh dengan cairan dan vitamin dan tidak akan menyebabkan penambahan berat badan.

Acar

Sama seperti makanan asin, acar penuh dengan natrium, di mana terlalu banyak natrium sangat buruk bagi kesehatan dan akan menimbulkan rasa haus saat berpuasa. 

Nasi dan pasta

Cobalah untuk mengurangi jumlah nasi dan pasta yang kamu makan karena sebagian besar mengandung karbohidrat dan akan membebani perut.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Berat Badan Naik Saat Ramadan
Tips Jaga Kesehatan Saat Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

Makanan sarat lemak

Makanan seperti krim, daging berlemak, ghee dan makanan kaya lemak lainnya menyebabkan rasa haus, rasa lapar dini dan meningkatkan kadar kolesterol.

Makanan yang digoreng

Cobalah untuk menghindari gorengan dan menggantinya dengan sayuran. Makanan yang digoreng menyebabkan penambahan berat badan dan gangguan pencernaan.

Teh dan kopi

Jangan minum teh dan kopi segera setelah berbuka karena dapat mencegah penyerapan zat besi dan anemia.